948 Hewan Divaksin, Tahun 2019 Kota Depok Bebas Rabies

Sejumlah pecinta hewan mengikuti kegiatan Vaksinasi Rabies dalam rangka mencegah penyebaran virus Rabies yang diadakan oleh DKPPP Kota Depok di Balai Kota Depok. Radar Depok

Sejumlah pecinta hewan mengikuti kegiatan Vaksinasi Rabies dalam rangka mencegah penyebaran virus Rabies yang diadakan oleh DKPPP Kota Depok di Balai Kota Depok. Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Mudah-mudahan ini benar. Dinas Ketahapan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok menyatakan Depok bebas rabies 2019. Hal ini mengacu sebanyak 948 ekor hewan telah diberi vaksin rebies.

Kepala DKP3 Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, vaksinasi rabies sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran virus rabies, khususnya pada hewan peliharaan masyarakat. Sebab, hewan yang terpapar virus dapat membahayakan nyawa seseorang apabila digigit dan terkontaminasi virus.

“Dengan vaksinasi massal dan vaksinasi rutin ini, kami tidak pernah menemukan hewan di Depok yang terdeteksi rabies,” kata Diah kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), di Balaikota, Rabu (18/9/19).

Dia menerangkan walaupun Depok bebas dari penyakit rabies, pihaknya akan tetap melakukan upaya pencegahan melalui pemberian vaksin tersebut. Adapun hewan yang diberi vaksin rabies, meliputi kucing, anjing, monyet, dan musang.

“Selama satu tahun ini kami sudah beri vaksin ke 948 hewan, di antaranya 361 anjing, 576 kucing, 5 monyet, dan 2 musang,” terang Diah.

Sementara itu Kepala Bidang Peternakan DKP3 Depok, Dede Zuraidah menuturkan, keberadaan Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan) Kota Depok juga sangat membantu masyarakat yang memiliki hewan peliharaan. Pasalnya Puskeswan tidak memungut biaya dalam melayani masyarakat yang khusus ber-KTP Depok.

“Bagi masyarakat Depok yang memiliki hewan peliharaan dapat memeriksakan kesehatan hewannya di Puskeswan Depok yang berada di Jl. Raya Pengasinan, Kelurahan Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan,” tuturnya.

Selain itu bentuk pelayanan lain yang dilakukan DKP3 adalah jemput bola pemberian vaksin dengan menggelar beberapa kegiatan. Dalam waktu dekat, akan menggelar giat pemberian vaksin di halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya.

“Kami akan beri vaksin rabies dan konsultasi kesehatan hewan pada 23 September 2019,” pungkas Dede.

(RD/san/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds