Komunitas ALZI Kota Depok Peringati Bulan Alzheimer

Komunitas Peduli Alzheimer Wilayah Kota Depok (ALZI) memperingati bulan Alzheimer, yang berlangsung di Halaman CAS UI, Rumah Dinas Rektor UI, Kampus UI, Minggu (15/9/19).

Komunitas Peduli Alzheimer Wilayah Kota Depok (ALZI) memperingati bulan Alzheimer, yang berlangsung di Halaman CAS UI, Rumah Dinas Rektor UI, Kampus UI, Minggu (15/9/19).

POJOKJABAR.com, DEPOK – Komunitas Peduli Alzheimer Wilayah Kota Depok (ALZI) memperingati bulan Alzheimer, dengan tema Mari Berbicara Tentang Demensia: Hilangkan Stigma, Setiap 3 Detik, Seseorang Terkena Demensia. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman CAS UI, Rumah Dinas Rektor UI, Kampus UI, Minggu (15/9/19).

Koordinator ALZI Wilayah Depok, Dunanty Sianipar menyebutkan, masih banyak ketakutan dan stigma negatif yang beredar luas di masyarakat mengenai demensia.

Salah satunya disebabkan kurangnya pengetahuan terkait demensia, sehingga banyak pengertian dan pemahaman yang kurang tepat. Hal ini sangat berdampak pada Orang Dengan Demensia (ODD), cergivers dan keluarga serta proses perawatan.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan jalan sehat Lintas Generasi 2K, edukasi kesehatan, dan pemeriksaan kesehatan. Tampak hadir mantan Wakil Walikota Depok, Yuyun Wira Saputra.

Pembina ALZI Depok, Prof Dr. drg. Tri Budi Raharjo mengatakan, pentingnya sekolah lansia yang bertujuan agar lansia bahagia, sehat, aktif dan produktif dan dapat menikmati hari tua agar tidak merepotkan.

“Pentingnya edukasi bagi para lansia agar lebih bahagia, sehat, dan aktif,” ucapnya.

Edukasi lainnya juga disampaikan Ketua CAS UI, Fatmah, dilanjutkan Reza Yogaswara tentang penyakit degeneratif, kemudian Pukovisa Prawiroharjo. Skrining demensia/pikun dilakukan oleh RSUI kepada peserta terpilih dilanjutkan dengan konsultasi agar tindak lanjut yang tepat terhadap masalah yang dihadapi dapat dilakukan.

“Jangan Maklum Dengan Pikun (JMDP) merupakan tema sentral dari kampanye kesadaran publik, yang akan mendorong kepedulian terhadap masalah demensia yang mengancam dunia karena setiap tiga detik seseorang terkena demensia,” terang Koordinator ALZI Wilayah Depok, Dunanty Sianipar.

Demensia bagi kebanyakan orang belum dikenal dan dipahami sepenuhnya oleh seluruh keluarga sehingga dipilihlah kegiatan Intergeneration Fun Walk dan Picnic yang melibatkan seluruh anggota keluarga kakek, nenek, ayah, ibu, anak dan cucu baik dalam hubungan keluarga maupun tidak.

“Kegiatan Jalan Sehat Lintas Generasi (JSLG) 2K, mengambil start dari halaman CAS UI/Rumah Rektor UI di Depok, dan kembali lagi ketempat tersebut,” tuturnya.

(RD/gun/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds