Harga Bahan Pokok di Beberapa Pasar Tradisional Kota Depok Stabil

Ilustrasi Ketersediaan Bahan Pokok

Ilustrasi Ketersediaan Bahan Pokok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Harga sembako di pasaran masih dalam kategori stabil, hal ini setelah dilakukan kroscek ke para pedagang sembako di beberapa pasar tradisional di Kota Depok, Minggu (8/9/19). Hampir mayoritas harga satu pasar dengan yang lainnya tidak jauh berbeda.

Namun untuk bawang merah sedikit mengalami kenaikan Rp6 ribu dan sudah berlangsung selama sepekan. Hal ini dikatakan pedagang sembako Pasar Musi, Ajo, saat disambagi ke los miliknya.

“Bawang merah doang yang naik. Tadi Rp18 ribu/Kg sekarang jadi Rp24 ribu/Kg. Tapi semuanya stabil, justru cabai rawit merah alami penurunan jadi Rp66 ribu/Kg. Sebelumnya beberapa hari lalu, masih sekitar Rp70 ribu/Kg sampai Rp80 ribu/Kg,” kata Ajo kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Namun secara keseluruhan Ajo menuturkan, masih dalam stabil tidak ada yang harus dikhawatirkan. Apabila ada perbedaan harga dengan yang dia punya itu dilihat dari kualitas barang yang diperjual belikan.

“Misal harga bawang saya lebih mahal daripada yang lain, itu karena kualitas yang saya jual lebih bagus,” tegasnya.

Sama halnya dengan pedagang sembako Pasar Agung Jaya, Muhammad Rifai juga menyatakan harga sejauh ini masih stabil. Untuk cabe rawit merah disini Rp65 ribu/Kg sampai Rp70 ribu/Kg, tergantung kualitas yang disajikan para pedagang.

“Kalau di saya masih sama belum ada kenaikan, rawit merah Rp67 ribu/Kg dan bawang merah Rp22 ribu/Kg. Intinya semua masih stabil. Tak ada dampak pada pembelian pelanggan,” tukas Rifai.

Sementara itu, Muhammad Safrudin, pedagang cabai di Pasar Kemirimuka menyebut, harga cabai merah dan bawang merah masih stabil sejak sebalan yang lalu tanpa mengalami kenaikan sama sekali.

“Bawang merah masih stabil di harga Rp22 ribu/Kg, sedangkan untuk cabai merah masih di harga Rp65 ribu/Kg,” ujarnya.

Dilokasi yang berbeda Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok membantah adanya kenaikan harga sejumlah barang pokok di pasaran. Seperti di Pasar Depok Jaya, hasil survey menyatakan harga cabai merah masih dalam kondisi stabil.

“Cabai merah keriting di pasar Depok Jaya hari ini (kemarin) harganya Rp40 ribu/Kg. Masih stabil aja kok,” ujar Kepala Bidang Perdagangan, Anim Mulyana.

Harga bahan pokok lainnya yang memang masih berada di posisi teratas (termahal) adalah cabai merah biasa, tembus sampai Rp70 ribu perkilo. Menurut Anim, faktor cuaca menjadi salah satu penyebab harga cabai merah masih tinggi.

“Tapi secara keseluruhan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional di Depok harganya stabil dan cenderung mulai menurun,” pungkas Anim.

(RD/san/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds