Sistem Contra Flow di Jalan Dewi Sartika Kota Depok Butuh Penyempurnaan

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Arif Rahman Hakim yang diterapkan sistem contra flow, jum'at (6/9/19). Radar Depok

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Arif Rahman Hakim yang diterapkan sistem contra flow, jum'at (6/9/19). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Hal ini bisa menjadi masukan buat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. Sistem contra flow yang tengah diterapkan di Jalan Dewi Sartika nampaknya perlu penyempurnaan. Karena sampai saat ini, masih ditemukan sejumlah kelemahan dalam penerapan aturan ini.

Masalah yang muncul di lapangan, antara lain kendaraan saling berebut jalan, terlebih di pembatas jalan antara tiga lajur jalan di sisi selatan, dan satu lajur disisi utara.

Tidak hanya itu, pembatas jalan yang ada, dianggap menyulitkan warga yang hendak masuk ke Jalan Kembang Beji. “Pembatas jalan malah menyulitkan warga yang melintas. Apalagi tidak adanya U turn,” kata salah satu warga setempat, Kasmanto kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Jum’at (06/09/2019).
S
elain itu, dengan hanya menggunakan satu jalur, malah membuat lalu lintas semakin macet. Betapa tidak, kendaraan yang sebelumnya melintasi Jalan Nusantara Raya langsung berpindah haluan, ke Jalan Arif Rahman Hakim yang hanya disediakan satu lajur.

“Kalau pagi pasti menumpuk. Karena semua kendaraan masuk kesana, tapi jalan yang disediakan hanya satu jalur,” tambahnya lagi.

Hal senada juga disampaikan, Oni Rachmadi, warga yang selalu melintas di Jalan Arif Rahman Hakim. Dia menganggap sistem tersebut tidak efektif.

“Malah jadi semakin macet disini, jadi tambah parah ya,” ujar Oni.

Tak hanya menuai kritik dari pengendara, sistem contra flow tersebut pun dinilai masih kurang tepat sasaran Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo.

“Sistem contra flow ini sangat tidak efektif. Jalan sudah sempit dikasih sekat-sekat. Mana kun nya pada jatuh karena meletakannya miring-miring, mungkin kena angin juga pada jatuh. Ini terlihat tidak baik,” kata Sutomo.

Loading...

loading...

Feeds