Hotel dan Mal di Kota Depok Masih Melanggar Perda KTR

Larangan Merokok.

Larangan Merokok.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Masyarakat lagi-lagi masih kedapatan melanggar aturan merokok di tempat umum. Sebagai bukti, Tim Pengawas Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Jumat (6/9/19), kembali menemukan sejumlah puntung rokok, asbak, dan iklan rokok di pusat perbelanjaan dan perhotelan di Kota Depok.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Tri Wahyuningsih mengatakan, pihaknya telah melakukan sidak Perda No. 3 Tahun 2014 tentang KTR ke 19 tempat umum, seperti mal, apartemen, dan hotel. Hasilnya di beberapa lokasi ditemukan banyak pelanggaran.

“Di beberapa lokasi masih ditemukan orang merokok, puntung rokok, media KTR yang belum banyak, dan smooking area yang belum sesuai ketentuan pada Perda KTR,” kata Tri kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Karena terbukti melanggar Perda KTR, pengelola tempat diberikan peringatan berupa Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang diberikan kepada masing-masing tembok lokasi tersebut. Apabila terbukti melanggar kembali, tim pengawas tidak segan-segan menindak dengan Tipiring.

“Kami akan terus pantau di kegiatan sidak selanjutnya, dan akan menambah media KTR di lokasi-lokasi tersebut agar masyarakat patuh terhadap Perda No. 3 Tahun 2014 tentang KTR,” jelas Tri.

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Depok, Taufiqurakhman menuturkan, pihaknya ke depan akan melakukan kerjasama dengan pengelola mal dan tempat penginapan untuk mengindahkan instruksi dalam Perda KTR.

“Kami tidak bisa mengawasi setiap saat disana, jadi butuh komitmen pihak pengelola juga. Kalau masih melanggar juga terpaksan kami Tipiring,” pungkas Taufiq.

Adapun lokasi sidak, di antaranya, ITC Depok, Pesona Square, Margo City, Hotel Margo, Plaza Depok, Saladin Mansion, D’Mall, Hotel Santika, Depok Rown Square, Park View Detos, Cinere Mall, Cinere Belevue, Hotel Bumi Wiyata, Hotel Sifana, Savero Hotel, Fave Hotel, Wisma Hijau, dan Hotel Uli Arta.

(RD/san/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds