Musim Kemarau Panjang, Waspada Penyakit ISPA

Ilustrasi Ispa

Ilustrasi Ispa


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kepala UPT Puskesmas Limo, Elin Herliana, mengimbau warga untuk mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) di musim kemarau saat ini.

Terlebih, berdasarkan data Puskesmas Limo semester I tahun 2019, dari 11.646 total kunjungan pasien, sebanyak 1960 orang merupakan pasien ISPA.

“Dari total pasien, ISPA masih mendominasi. Penyakit ini cenderung tinggi sejak kemarau melanda wilayah Kota Depok dan sekitarnya,” ujar Elin.

Dikatakannya, pasien ISPA mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sedangkan hipertensi atau darah tinggi kebanyakan diderita pasien usia dewasa atau lansia.

“Data pasien hipertensi primer (darah tinggi) juga cukup tinggi yakni 2197, namun pasien ini memang rutin untuk berkunjung ke Puskesmas,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan banyak faktor yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut. Salah satunya, faktor makanan, cuaca, dan aktivitas fisik berlebihan hingga menyebabkan kelelahan.

Untuk memudahkan pasien, pihaknya juga akan berkunjung ke rumah-rumah warga yang memiliki penyakit kronis. Melalui pendekatan kesehatan keluarga diharapkan pelayanan Puskesmas akan semakin baik.

“Saya juga mengingatkan agar masyarakat tetap terus menjaga kesehatan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jangan tunggu sakit baru kemudian menjaga perilaku hidup sehat,” ucapnya.

(RD/net/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

BES-2019

Tak Banyak Tokoh Penting BES 2019

upati Bogor nampak lesu saat membuka Borderline Economic Summit (BES) 2019 di Hotel Royal Tulip, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12/19).