Kurang dari Sepekan, 11 Warga Cinere Terjangkit Hepatitis A

Salah satu warag RW1 Kelurahan/ Kecamatan Cinere yang menderita Hepatitis A tergolek lemas di rumah sakit.

Salah satu warag RW1 Kelurahan/ Kecamatan Cinere yang menderita Hepatitis A tergolek lemas di rumah sakit.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kelurahan/Kecamatan Cinere dibuat gempar. Selama kurang lebih sepekan, sedikitnya 11 warga di RT1-2/1 Kelurahan Cinere terjangkit penyakit Hepatitis A. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab penyakit yang menular melalui virus tersebut.

Ketua RT2/1 Kelurahan Cinere, Roma mengaku, memang ada beberapa warganya yang terkena penyakit Hepatitis A. Tapi, hingga kini belum diketahui berapa jumlah warganya yang positif kena penyakit tersebut.

“Iya benar ada beberapa warga yang terjangkit Hepatitis A,” singkatnya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Selasa (27/08/2019).

Sementara, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Cinere, Jayadi mengungkapkan, ada 11 warga yang terjangkit Hepatitis A di wilayah RW1. 11 warga itu terbagi di RT1 dan RT2. Dari 11 korban yang dirawat, enam diantaranya sudah pulang ke rumah, dan lima masih di rawat di rumah sakit. Gejala yang dilami pusing-pusing, mual dan mata kuning.

“Ini masih kami data. Yang sudah ada 12 warga, tapi 11 warga diataranya positif Hepatitis A,” ujarnya.

Menurut Jayadi, demi meminimalisir penyebarluasan penyakit tersebut, ketua RT dan RW sudah melaporkan kejadian ini ke puskesmas. Dari pihak puskesmas akan segera bertindak besok (hari ini) untuk melakukan sosialisasi penyakit ini.

“Kami sangat khawatir sebab penyakit ini menular melalui virus. Jadi harus secepatnya dicegah sebelum mewabah,” tegasnya.

Menimpali hal ini, Kepala UPT Puskesmas Cinere, Muhimatul Munawaroh menyebutkan, penyakit Hepatitis A di wilayah Kelurahan Cinere RW1 itu ditemukan oleh pihak puskesmas.

“Yang menemukan itu (penyakit Hepatitis A) itu kita, pihak puskesmas, bukan masyarakat. Jadi yang menyebarkan itu mungkin karena tidak paham, jadi sebenarnya yang menemukan itu kami dan sudah kami datangi, terus malah jadi heboh gitu,” terangnya.

Sejauh ini, sambungnya benar ada 11 warga yang menderita penyakit Hepatitis A. Semua penderita memiliki rumah yang saling berdekatan. Demi memutuskan virusnya puskesmas besok (hari ini) akan kembali mengecek rumah korban. Dan mengecek lingkungan sekitar RW1 bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok.

Selian itu, puskesmas akan melakukan pertemuan dengan warga sekitar RW1 di musalah daerah tersebut. Ini untuk melakukan penyuluhan di lingkungan wilayah RW1.

“Initnya kami besok (hari ini)a akan mengecek kelokasi melihat kondisinya,” tandas dia semalam.

(RD/mg1/hmi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds