Dapat Remisi, 32 Napi Rutan Kelas IIB Depok Merdeka

Walikota Depok Mohammad Idris menyerahkan surat keputusan remisi bebas secara simbolis kepada tiga Nara Pidana Rutan Kelas IIB Depok, pada Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Balaikota Depok, Sabtu (17/8/19). Radar Depok

Walikota Depok Mohammad Idris menyerahkan surat keputusan remisi bebas secara simbolis kepada tiga Nara Pidana Rutan Kelas IIB Depok, pada Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Balaikota Depok, Sabtu (17/8/19). Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Di Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, sebanyak 32 warga binaan alias Nara Pidana (Napi) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Depok mendapat remisi bebas. Pemberian remisi ini sesuai ketentuan administrasi dan substansi.

Kepala Rutan Kelas IIB Depok, Bawono Ika Sutomo mengatakan, Pemberian remisi umum tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-963. dan nomor PAS-984 PK.01.01.02. Tahun 2019, Nomor : PAS-985. PK.P1.01.02.Tahun 2019 pertanggal 17 Agustus 2019 tentang Pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2019.

“Warga binaan yang mendapatkan remisi , merupakan warga binaan yang telah memenuhi kriteria serta berkekuatan hukum. Sedangkan administratifnya berupa berkelakuan baik dan sudah menjalankan masa hukuman 2/3 dari hukuman yang diberikan,” kata Bawono kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Pemberian remisi umum kepada 32 warga binaan secara simbolis diserahkan oleh Walikota Depok, dalam apel memperingati HUT RI ke-74, di lapangan upacara Balaikota Depok, Sabtu (17/08).

Selain 32 Napi yang bebas, Rutan Kelas IIB Depok juga memberikan remisi kepada umum kepada 895 warga binaan. Jadi total yang mendapat remisi sebanyak 927 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Momen ini memberikan motivasi dan kesempatan kepada warga binaan untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan, dan keterampilan guna mempersiapkan diri ditengah masyarakat,” ujar Bawono.

Dia berharap adanya peran serta Instansi pemerintah dan masyarakat untuk secara aktif ikut mendukung penyelenggaraan pembinaan di pemasyarakatan.

“Harapan kami agar warga binaan setelah bebas bisa bermanfaat dan bersosialisasi secara positif di lingkungan masyarakat,” harapnya.

Disamping pemberian remisi kepada ratusan Napi, Bawono juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 10 petugas atau pegawai Rutan Kelas IIB Depok. Piagam yang diberikan berupa Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya XX Tahun kepada satu pegawai dan X Tahun kepada sembilan pegawai.

“Mari pelihara dan tumbuhkan cinta tanah air serta menguatkan jiwa nasionalisme semangat perjuangan bagi petugas dan warga binaan. Syukuri nikmat dan karunia kemerdekaan Republik Indonesia dengan meningkatkan integritas dan mental disiplin bagi petugas dan warga binaan,” pungkas Bawono.

(RD/san/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds