Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau, Depok Boleh Manfaatkan TPA Nambo

TPA Cipayung Depok

TPA Cipayung Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Penantian panjang Kota Depok agar lebih bersih dengan mengurangi sampah yang telah overload di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung akan segera teratasi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan izin kepada Pemkot Depok agar memanfaatkan TPA Nambo di Kabupaten Bogor.

Hal tersebut disampaikan Emil—sapaan Ridwan Kamil—saat melakukan pertemuan dengan Walikota Depok, Mohammad Idris di Balaikota Depok, Kamis (18/07). Emil menegaskan, izin penggunaan TPA Nambo sudah ada, selanjutnya Pemkot Depok menyusun hal yang bersifat teknik.

“Nambo sudah ok izin dari saya. Tinggal tekniknya dari Pemkot Depok. Sebab lokasi bukan Depok, jadi harus ketuk pintu dulu ke Kabupaten Bogor,” kata Emil kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Menurut Emil, membuang sampah harus memiliki amdal dan saat ini prosesnya telah dikerjakan. Sebab ia khawatir jangan sampai sampah tercecer kema-mana.

“Amdalnya saat ini sedang dikerjakan. Karena saya khawatir nanti sampai berceceran banyak yang protes makanya kita selesaikan Amdalnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala TPA Cipayung, Dadan Ardian Kurniawan mengatakan, tetap memaksimalkan penampungan yang ada. Meski saat ini penampungan sampah di TPA Cipayung sudah overload. “Keinginan kami selesai lebih cepat,” kata Dadan kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Jum’at (19/07/2019).

Sementara ini, pihaknya akan terus memaksimalkan penampungan, sebelum bisa membuang sampah ke Nambo. “Kami hanya mengatur posisi, agar sampah tidak menumpuk hanya di satu sisi saja,” tutur Dadan.

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Iyay Gumilar mengatakan, akan terus berkoordinasi dengan pihak Nambo.

“Kita akan mengikuti perkembangannya, jika memang memungkinkan kita akan minta duluan,” kata Iyay.

Seperti diketahui, rencana revitalisasi TPA Cipayung nantinya akan mengolah sampah eksisting dengan metode landfill mining. Tentunya kajian rencana revitalisasi dilihat dari sisi budaya, ekonomi, dan lingkungan sekitar TPA Cipayung. Setelah selesai dikaji mulai dilakukan pembangunan fisik sesuai hasil kajian revitalisasi yang direncanakan mengunakan metode landfill mining.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.