Revitalisasi Situ Rawa Kalong, Pemprov Jabar Gelontorkan Dana Rp 30 Miliar

Warga beraktifitas di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Jumat (19/7/19). Radar Depok

Warga beraktifitas di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Jumat (19/7/19). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kota Depok terkenal memiliki banyak Situ yang dijadikan sebagai tempat resapan air, dan menjadi tempat wisata. Guna memaksimalkan potensi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan Rp 30 Miliar untuk merevitalisasi situ di Kota Depok, yaitu Situ Rawa Kalong.

Nantinya situ yang ada di Kelurahan Curug, Cimanggis ini bakal disulap menjadi tempat wisata.

“Kami meyakini Depok ini sebagai kota yang butuh tempat wisata, selain untuk menghilangkan stress juga meningkatkan pendapatan,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, usai rapat internal di Balaikota Depok.

Menurut orang nomor satu di Jawa Barat ini, pihaknya sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) untuk penataan Situ Rawa Kalong. Dalam waktu dekat akan segera mulai melakukan konstruksi dengan melibatkan dinas terkait.

“Kota Depok ini satu-satunya kota yang memiliki danau paling banyak, kalau tidak bermanfaat kan sayang. Nah kita mulai dari Rawa Kalong dulu,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi menuturkan, Situ Rawa Kalong memang tepat dijadikan sebagai tempat wisata air, karena lokasinya strategis dan berdekatan dengan jalan nasional.

“Rawa Kalong sangat berpotensi jadi tempat wisata, apalagi kalau nanti jadi pelebaran di Jalan Nangka lebih bagus lagi. Pasti banyak masyarakat yang datang dan tertarik kesana,” ujar Dadan.

Dia menyebutkan, selain Situ Rawa Kalong yang berpotensi menjadi tempat wisata adalah Situ Rawa Besar yang berada di Kampung Lio, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas.

“Ada beberapa Situ lagi yang jadi prioritas kami, salah satunya Rawa Besar mudah-mudahan dapat terealisasi,” pungkas Dadan.

(RD/san/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.