Hari Raya Idul Adha, Lebih Jeli Beli Hewan Kurban

Pekerja saat memberikan pakan dan air.

Pekerja saat memberikan pakan dan air.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Beberapa pekan lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha atau Idul Kurban. Hal ini pula ditandai dengan banyaknya penjual hewan kurban, tak terkecuali di Kota Depok. Tetapi, memilih hewan kurban yang sehat, dan memenuhi syarat krban tidak mudah.

Pembeli disarankan membeli hewan kurban di tempat yang sudah dipercaya. Seperti di Mall Hewan Kurban milik Romdoni di Jalan Akses UI, Kelapa Dua.

Doni—biasa Romdoni disapa—mengaku, selalu menjaga kualitas hewan kurban yang disediakan di tempatnya. Apalagi hewan kurban yang ia tawarkan ke pembeli berasal dari daerah di Indonesia penghasil sapi.

“Sapi yang kami sediakan berasal dari daerah penghasil sapi, dari Madura, Bali, NTT, Sumbawa, Dompu, dan Jawa,” ungkap Doni kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Rabu (17/07/2019).

Guna mendapatkan kualitas sapi terbaik Doni mengingatkan pembeli agar lebih jeli memilih hewan kurban. Doni menilai, saat ini musim kemarau sehingga bahan pakan sapi kurban sulit ditemukan. Pedagang hewan kurban harus memutar otak, agar sapi tetap sehat serta gemuk saat hari raya tiba.

”Saat ini agak susah cari rumput, kami mengganti dengan konsentrat. Jangan sampai bobot sapi saat pembelian merosot jauh saat pengambilan, mengingat waktu Idul Adha masih lama,” kata Haji Doni.

Selain itu menurutnya, Mall Hewan Kurban konsisten menjual sapi murah, sebagai permintaan warga dengan harga mulai dari Rp14 juta.

”Kami konsisten menjual sapi dengan harga murah sebagai permintaan pasar, untuk lebih meringankan masyarakat yang ingin ibadah kurban,” kata Haji Doni.

Tahun ini, Mall Hewan Kurban juga menyediakan 1.000 ekor kambing Boer sebagai permintaan pasar.

”2017 kami jual kambing Boer, 2018 tidak jual, nah sekarang 2019, jual lagi karena banyak permintaan,” tukas Doni.

Sementara itu salah satu pengunjung mall Hewan Kurban, Herdian mengaku kerap membeli sapi di Mall Hewan Kurban. Menurutnya, Mall Hewan Kurban selalu menjaga kualitasnya.

”Saya memang selalu beli disini (mall Hewan Kurban, red) karena lebih bisa dipercaya, dan kualitas kesehatannya juga sudah terjamin. Kalau mau komplain juga gampang, tokonya jelas,” tukas Herdian.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds