Jumlah Penduduk Miskin di Kota Depok Stabil

Ilustrasi.

Ilustrasi.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Berdasarkan data kependudukan yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok hingga 2017, persentase kemiskinan di Kota Depok bertahan di angka 2,34 persen dari total jumlah penduduk Kota Depok 2.254.513 jiwa.

Berdasarkan data yang dihimpun BPS Kota Depok setiap tahunnya angka kemiskinan di Kota depok terus bertambah, meski nilainya tidak terlalu signifikan.

Seperti dilansir BPS Kota Depok, sejak tahun 2013 penduduk miskin di Kota Depok terdapat 45.912 jiwa atau 2,32 persen dari seluruh penduduk Kota Depok.

Penduduk miskin meningkat di tahun 2014 dengan 47.950 jiwa atau 2,32 persen, sementara pada tahun 2015 lagi-lagi warga miskin di Kota depok meningkat menjadi 49.970 jiwa atau sekitar 2,40 persen dari total penduduk Kota Depok.

Sementara di tahun 2016 penduduk miskin di Kota Depok, juga bertambah menjadi 50.560 jiwa atau sekitar 2,34 persen, dan pada tahun 2017 meningkat hingga duaribu jiwa menjadi 52.338 jiwa namun persentasenya tetap 2,34 persen, karena jumlah penduduk Kota Depok yang juga meningkat.

Menurut Staf BPS Kota Depok , Hari Kurniawan peningkatan jumlah penduduk juga mempengaruhi jumlah penderita kemiskinan di Kota Depok.

“Bertambah, mereka kan juga beranak pinak, sehingga jumlah kemiskinan terus bertambah,” kata Hari kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Dia juga mengatakan, kemungkinan penduduk miskin di Kota Depok, pada tahun 2019 juga meningkat mengingat peningkatan jumlah penduduk yang terus bertambah.

“Kemungkinan peningkatan penduduk miskin bisa saja terjadi, ditahun berikutnya,” kata Hari.

Sementara itu, Bendahara Fraksi PPP, Sri Kustiani, menyampaikan APBD harus bermanfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Keberpihakan tersebut harus dijadikan pilihan. APBD wajib pula ditujukan sebesar-besarnya untuk belanja pelayanan dasar, khususnya pelayanan pendidikan, kesehatan dan perluasan lapangan kerja.

“Semua itu berorientasi pada rakyat miskin sebagai upaya penanggulangan kemiskinan dengan tujuan akhir kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Depok,” katanya.

(RD/rub/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds