Operasi Fungsional Tol Cijago Sesi II Diperpanjang

Kendaraan melintas di ruas tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II yang diuji coba di kawasan Kukusan, Kecamatan Beji, Minggu (9/6/19). Radar Depok

Kendaraan melintas di ruas tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II yang diuji coba di kawasan Kukusan, Kecamatan Beji, Minggu (9/6/19). Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Operasi fungsional Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) sesi 2 akan diperpanjang hingga Senin (17/6/19). Kepastian tersebut disampaikan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) selaku pengelola Jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago).

Direktur Operasi PT TLKJ, Teddy Rosadi mengemukakan semula operasi fungsional seksi 2 hanya sampai Senin (10/6), namun kemudian diperpanjang hingga Senin (17/6/19).

Alasan perpanjangan waktu untuk mendapatkan gambaran sesungguhnya lalu lintas kendaraan di saat hari kerja. Sehingga, nantinya bisa diketahui secara nyata gambaran traffic kendaraan yang ada di Depok yang melintas di ruas jalur bebas hambatan tersebut.

“Operasi fungsional kemarin itu untuk membantu mengurai kemacetan saat Lebaran. Saat ini, kami perpanjang karena untuk mengetahui gambaran kondisi lalu lintas saat hari kerja,” kata Teddy.

Dari hasil evaluasi pihaknya saat operasi fungsional saat lebaran kemarin, Teddy menuturkan dibukanya seksi 2 mampu mengatasi kemacetan di ruas Margonda, Jalan Raya Bogor dan Jalan Juanda. Semula, dari arah Jagorawi menuju Margonda hanya bisa keluar di pintu Cisalak 2.

“Saat ini pengendara bisa memiliki alternative keluar di pintu Margonda dan Kukusan. Tentunya dengan adanya seksi 2 ini kami melihat bisa membantu mengurai kemacetan saat Lebaran dan dirasa efektif mengatasi kemacetan,” tuturnya.

Ia menambahkan, operasi fungsional seksi 2 akan kembali ditutup pada Senin (17/6) Pukul 14.00 WIB. Setelah itu, pihaknya akan melihat peninjauan yang dilakukan oleh Tim Layak Operasi dari Kementrian PUPR.

“Kami sudah melakukan finishing minor sesuai rekomendasi tim layak. Harapan kami akhir Juni bisa beroperasi,” jelasnya.

Sementara Kadishub Dadang Wihana membenarkan perpanjangan operasional tol Cijago. “TLKJ menyampaikan permohonan perpanjangan, karena masih ada arus balik dan untuk evaluasi menyeluruh,” kata Dadang.

Menurutnya Walikota sudah merespon mempersilahkan dengan catatan agar dievaluasi secara komprehensif, sehingga kehadiran tol memberi dampak positif dari semua sisi dan tidak menimbulkan masalah baru terutama kemacetan di dalam kota.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds