Hari Pengumuman Rekapitulasi Pemilu 2019, 5.000 Anggota FPI Kota Depok ke Kantor KPU

Front Pembela Islam atau FPI (ilustrasi)./Foto: Istimewa

Front Pembela Islam atau FPI (ilustrasi)./Foto: Istimewa


Sebanyak 40 ribu personel dikerahkan saat pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019. Pengamanan di setiap daerah akan berbeda-beda menyesuaikan tingkat kerawanannya masing-masing.

“Prinsip Jakarta tapi ada beberapa tempat lain kita juga kan amankan, saya kira semua kapolda sudah saya perintahkan untuk membuat renpam (rencana pengamanan) sesuai dengan potensi kerawanan yang ada. Tiap daerah berbeda satu sama lain,” ujar dia.

Tito mengatakan, situasi Indonesia pada 20 Mei 2019 akan tetap kondusif. Keyakinan Tito itu merujuk pada semua tahapan pemilu yang sudah berjalan 8 bulan dan berlangsung damai.

Terpisah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka peluang untuk mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu 2019, Senin (20/5) malam ini. Hasil penghitungan suara akan diumumkan jika KPU selesai mengesahkan hasil rekapitulasi di 34 provinsi dan 130 PPLN.

Hingga kini, KPU telah mengesahkan penghitungan suara di 130 PPLN. KPU juga sudah mengesahkan hasil penghitungan suara di 32 provinsi.

Tercatat, KPU masih punya utang menyelesaikan pengesahan hasil penghitungan suara di dua provinsi. Saat ini, proses pengesahan suara penghitungan di Maluku dan Papua masih berlangsung.

Di saat KPU masih menggelar rapat pleno, kepolisian mulai tampak berjaga di sisi luar gedung lembaga penyelenggara pemilu tersebut. Setidaknya tiga tenda didirikan kepolisian di area luar Gedung KPU.

Selain menjaga area Gedung KPU, kepolisian melakukan penutupan Jalan Imam Bonjol. Penutupan dilakukan di dua ruas jalan sepanjang satu kilometer.

(RD/jpnn/san/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds