Odong-odong Keren di Kota Depok Jadi Transportasi ke Tempat Wisata

Warga menikmati wahana air di kawasan Situ Cilodong, Kecamatan Cilodong, kemarin. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok berencana akan meluncurkan kendaraan wisata khas Depok bernama Oren (Odonng-odong Keren) dan akan mempunyai rute dari Grand Depok City (GDC), Situ Cilodong, dan Terminal Jatijajar.

Warga menikmati wahana air di kawasan Situ Cilodong, Kecamatan Cilodong, kemarin. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok berencana akan meluncurkan kendaraan wisata khas Depok bernama Oren (Odonng-odong Keren) dan akan mempunyai rute dari Grand Depok City (GDC), Situ Cilodong, dan Terminal Jatijajar.

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, DEPOK – Destinasi tempat wisata di Kota Depok terbilang cukup banyak, ada puluhan Situ aktif, taman terbuka hijau, wahana air (kolam renang), hingga yang terbaru akan hadir Alun-alun Kota. Namun, mirisnya hanya sebagian masyarakat yang mendatangi tempat waisata itu.

Pada akhir pekan, mereka sibuk memenuhi pusat perbelanjaan yang berada di jantung Kota Depok, yakni Jalan Raya Margonda. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi masayarat kurang minat ke tempat wisata setempat, seperti sulitnya moda transportasi ke tempat tujuan dan minimnya pemeliharan di sekitar tempat wsata.

Dari persoalan itu, Dinas Perhubungan Kota Depok mengeluarkan solusi, bahwa akan meluncurkan sebuah kendaraan prioritas bagi masyarakat untuk sampai ke tempat wisata.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan meluncurkan kendaraan wisata mirip kepunyaan Kota Bandung, yakni Bandung Tour On Bus (Bandros). Kendaraan ini akan berfungsi mengantar masyarakat ke beberapa tiitk tempat wisata hingga terminal.

“Nama kendaraannya Odong-odong Keren (Oren). Jumlahnya hanya satu, itu bantuan dari Provinsi Jawa Barat yang sekarang sedang proses perakitan,” kata Dadang kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Minggu (24/03/2019).

Sesuai pembahasan dengan Provinsi Jawa Barat, nantinya Oren akan beroperasi dari kawasan Grand Depok City, menuju Alun-alun Kota Depok ke Situ Cilodong, lalu sampai Terminal Jatijajar. Rencananya kendaraan ini akan diuji coba dalam waktu dekat.

Melalui kendaraan wisata seperti odong-odong tersebut, Dadang ingin membangkitkan kembali kendaraan lama yang telah punah di Kota Depok ini.

“Saya ingin membangkitkan kebiasaan warga naik odong-odong biar menjadi tranding yang bagus,” jelasnya.

Menurutnya, selain dapat membangkitkan kultur menggunakan transportasi sederhana dan ramah lingkungan. Ornamen yang terdapat di badan kendaraan OREN juga terdapat sentuhan ikon Kota Depok.

“Diharapkan kehadiran OREN ini akan menjadi angkutan massal yang bermanfaat untuk masyarakat Depok yang mempermudah mereka ke tempat wisata,” papar Dadang.

Terpisah, Pengamat Transportasi Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno menuturkan, bahwa kendaraan wisata yang direncakan Dishub Depok itu merupakan langkah yang tepat untuk mempermudah mobilitas masyarakat.

“Ya bagus kalau akan ada kendaraan seperti itu, selain nyaman juga bisa bertemu dengan banyak orang dan lebih dapat sisi rekreasi di dalamnya,” tuturnya.

Namun, dia mengusulkan agar sebelum beroperasi Dishub Depok agar terlebih dahulu menguji kelaikan kendaraan dan menyiapkan Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

“Harus dicek dulu ya bagi wartawan, sudah ada uji laik dan SRUT-nya belum,” pungkasnya.

(RD/san/pojokjabar)

loading...

Feeds