Lingkungan Balaikota Depok Dapat Sampah Kiriman, Satgas SDA Langsung Sapu Bersih

Sampah yang berada di aliran Kali Baru yang melintas di Lingkungan Balaikota dibiarkan menumpuk. Radar Depok

Sampah yang berada di aliran Kali Baru yang melintas di Lingkungan Balaikota dibiarkan menumpuk. Radar Depok

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, DEPOK – Lingkungan Balaikota Depok yang seharusnya menjadi rule model kebersihan di Kota Depok, malah dapat sampah kiriman. Kemarin, aliran sungai Kali Baru yang melintas gedung putih itu menumpuk sampah.

Salah satu warga yang sedang mengurus administrasi kependudukan di Gedung Baleka II, Maryati mengaku, sangat terganggu dengan pemandangan sampah di sungai Kali Baru yang berada di sisi timur gedung Baleka II.

“Kok banyak sampah ya, padahal kan ini lingkungan Balaikota,” kata Maryati kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Jum’at (22/03/2019).

Sementara itu, sampah yang menumpuk di jaring sampah sungai yang dipasang di Kali Baru mayoritas sampah stearofoam, dan sampah plastik.

“Untung tertahan saringan sampah, kalau tidak pasti sudah mengalir sampai masjid balkot,” terang Maryati.

Kabid Kebersihan, DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar mengatakan, pihaknya memang sudah menempatkan petugas kebersihan di lingkungan balaikota. Dan setiap hari sampah yang ada langsung dibuang ke TPA.

“Kami setiap hari selalu membersihkan sampai di lingkungan Balaikota, sampah yang kami kumpulkan langsung kami buang ke TPA,” kata Iyay.

Namun demikian, pihaknya mengaku tidak pernah mengangkut sampah yang berada di aliran sungai Kali Baru. Sehingga bisa jadi Kali Baru yang melintasi lingkungan Komplek Balaikota Depok dipenuhi sampah.

“Kalau sampah yang berada di lairan sungai, itu bukan tanggungjawab kami,” ujar Iyay.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Depok, Cintra Indah Yulianty menegaskan, adanya laporan sampah menumpuk di aliran Kali Baru langsung diangkut satgas SDA. Sampah tersebut kiriman dari bogor.

“Kami pasti langsung akut setiap sampah yang ada di aliran kali. Apalagi di balaikota, setiap hari kami angkut” tandasnya.

(RD/rub/pojokjabar)

loading...

Feeds