KPU Kota Depok: Kampanye Bebas 21 Hari

Suasana rapat koordinasi pelaksanaan tahapan kampanye pada pemilu tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Kota Depok dan dihadiri perwakilan partai politik di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (21/3/19). Radar Depok

Suasana rapat koordinasi pelaksanaan tahapan kampanye pada pemilu tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Kota Depok dan dihadiri perwakilan partai politik di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (21/3/19). Radar Depok

Ketua KPU Kota Depok yang tidak pelit informasi kepada media ini menambahkan, mulai 24 Maret hingga 13 April juga ada metode kampanye iklan di media, karena parpol di tingkatan daerah, dalam aturannya KPU memfasilitasi iklan kampanye, hanya saja yang difasilitasi ditingkat pusat.

“Kami di daerah kemudian mengeluarkan SK penambahan untuk iklan, jadi silahkan parpol menggunakan metode kampanye iklan ini silahkan mendatangi media,” tutur Nana.

Namun, media juga diminta adil dalam memperlakukan peserta Pemilu secara sama, tidak boleh satu partai memasang satu blok dan harus mengedepankan kode etik. Sedangkan, mekanismenya ketika peserta Pemilu yang memasang iklan di media, mereka harus melaporkan desainnya kepada KPU.

“Jadi seperti apa, pemberitahuannya juga harus dilakukan. Yang jelas kalau ini, kita tidak boleh konsentrasi kepada rapat umum, disisi lain ada metode kampanye lain, yaitu iklan tadi, dan ini menjadi ranah teman-teman media yang memfasilitasi,” tegas Nana.

Sementara, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kota Depok, Andriansyah menegaskan, terkait rapat umum dan media kampanye harus benar-benar disiapkan dengan baik, mulai dari waktu dan tempat. Karenanya, Bawaslu mengapresiasi adanya forum tersebut.

“Tapi harusnya di forum ini melibatkan seluruh yang terkait, misalnya pihak kepolisian, Dishub dan khususnya Pemkot Depok yang merekomendasikan beberapa tempat yang dijadikan lokasi kampanye terbuka,” kata Andriansyah.

Menurutnya, berdasarkan rapat tadi, kejelasan tempat sampai saat ini masih tanda tanya, apakah sudah fix atau belum. Pasalnya, ketika sudah melaksanakan tahapan rapat umum, peserta Pemilu sudah harus aman dan paham benar informasi terkait tempat, pengelolanya dan jadwalnya.

“Jangan sampai ketika sudah dijadwalkan dan hari H, tempat tersebut tidak bisa dipakai dan KPU harus mencari tempat lagi,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds