Sebanyak 1.324 Surat Suara Rusak, KPU Depok: Bakal Dimusnahkan

Sejumlah pekerja lepas melakukan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Depok, Kecamatan Cimanggis, Senin (11/3/19). Ahmad Fachry/Radar Depok

Sejumlah pekerja lepas melakukan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Depok, Kecamatan Cimanggis, Senin (11/3/19). Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok ambil langkah seribu, sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Sebanyak 1.324 surat suara (Susu) akan dimusnahkan.

Banyaknya surat suara yang rusak dari temuan selama sepekan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Depok, di Kubik Logistik Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet mengatakan, temuan tersebut merupakan akumulasi selama seminggu.

Saat pengawasan proses sortir lipat (Sorlip) di gudang KPU, Bawaslu menemukan 931 Susu jenis DPRD provinsi Jawa Barat dan 393 Susu jenis DPRD Kota dari empat dapil di Depok yang rusak.

Dede mengungkapkan, Susu yang rusak tersebut lantaran cacat produksi dari percetakan. Seperti terpotong, dan produksi cetak yang tidak sempurna. Dari sini, ia memperkirakan, jumlah Susu rusak akan bertambah, karena proses Sorlip masih terus berlangsung.

“Ini masih bertambah jumlahnya karena hari ini masih dikerjakan proses lipat,” ucapnya kepada Harian Radar Depok, kemarin. Terpisah, Ketua KPU Depok Nana Sobarna mengatakan, dalam proses Sorlip pasti ada kerusakan. Namun, untuk Susu Jenis DPRD Kota Depok, saat ini pihaknya belum melihat jumlah kerusakan secara keseluruhan.

“Saat ini Sorlip Susu jenis DPRD Kota Depok, sebelumnya DPRD Provinsi Jabar yang telah dirampungkan oleh petugas Sorlip di gudang logistik KPU. Target kami untuk DPRD Kota bisa selesai, karena dikerjakan sejak empat hari lalu,” kata Nana.

loading...

Feeds