Revitalisasi Situ Pladen, Pemkot Depok Tunggu Persetujuan Pemprov DKI Jakarta

SIHKAN SAMPAH: Satgas PUPR Kota Depok saat membersihkan sampah yang berserakan di Situ Pladen, Kecamatan Beji.

SIHKAN SAMPAH: Satgas PUPR Kota Depok saat membersihkan sampah yang berserakan di Situ Pladen, Kecamatan Beji.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Rencana revitalisasi Situ Pladen di Jalan Ridwan Rais Beji, belum juga menemui titik terang. Pemkot Depok masih menunggu persetujuan Pemprov DKI Jakarta, perihal pagu anggaran yang diajukan sebesar Rp15,6 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Djorghi mengatakan, Situ Pladen termasuk tiga situ yang direvitalisasi pemkot Depok di 2019. Pihaknya yakin, pengajuan pagu anggaran akan mendapat persetujuan Pemprov DKI Jakarta.

“Kita tunggu sampai Mei, tapi yakin bakal disetujui Gubernur DKI Anies Baswedan. Sekarang kami hanya bisa menunggu,” kata Manto kepada Radar Depok, usai Apel di Balaikota Depok, Senin (11/2/19).

Manto menerangkan, Situ Pladen memiliki luas 1,8 hektar. Tetapi memakan anggaran lebih besar dibanding dana revitalisasi Situ Rawa Besar yang luasnya 17 hektar, yakni Rp10,4 miliar. Perbedaan anggaran itu, karena revitalisasi Situ Rawa Besar tak sepenuhnya menggunakan dana hibah DKI.

Selain menggunakan APBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim), dan Dinas Pemuda, Ol ahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Depok turut meringankan anggaran penataan Situ Rawa Besar.

“Di Situ Rawa Besar kita anggarkan dari APBD, tahun ini hampir Rp2,5 miliar. Kemudian dari OPD lain pun ada juga penanganan, sedangkan Situ Pladen tidak ada,” ujar Manto.

Untuk Situ Pladen perlu ada penataan inlate dan outlet agar jadi tempat resapan air. Penataan itu, guna mengurangi banjir di Jalan Arif Rahman Hakim saat diguyur hujan deras dan debit volume air yang dikirim ke DKI Jakarta.

“Inlatenya pun harus kita perbaiki, harus kita perlebar. Outlate juga harus kita perbaiki biar lancar juga ke hilirnya, sehingga Situ Pladen lebih kondusif lagi dalam penanganan masalah air dan banjir,” tuturnya.

Dalam Detail Enginering Design (DED) penataan Situ Pladen, lahan pemilihan sampah milik warga yang berada dekat situ bakal digusur. Rencananya lahan tersebut, akan dijadikan taman guna mendukung Situ Pladen sebagai destinasi wisata.

“Di situ kan ada pemulung juga, itu harus dirapikan. Sesuai batas lahan Situ Pladen, kalau perlu kita buat taman. Memang itu lahan situ kita perbaiki dan tata,” pungkasnya.

(RD/san/pojokjabar)

loading...

Feeds

Zalnando

Zalnando Tak Sabar Cicipi Laga

Bek sayap Persib Bandung Zalnando sudah tidak sabar ingin mencicipi laga bersama timnya. Mantan pemain Sriwijaya FC melewatkan dua pertandingan.