Bagun Seribu Septic Tank, Pemkot Depok Kucurkan Dana Rp 10,4 Miliar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, DEPOK – Pemkot Depok terus membenahi sanitasi. Khususnya dalam pembuatan saluran pembuangan limbah rumah tangga : septic tank.

Tahun ini, melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Depok sedikitnya 1.000 kepala keluarga (KK) akan memiliki septic tank.

Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Miraz mengatakan, alokasi dana untuk pembuatan septic tank berasal dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, sebesar Rp10,49 miliar. Seribu septick tank tersebut, tersebar di 11 kecamatan dan untuk seribu kepala keluarga.

“Seribu septic tank itu tersebar di 11 kecamatan di seluruh Depok ,dan sudah dianggarkan tahun ini,“ kata Dudi kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group) di Balaikota Depok.

Dudi menjelaskan, program pembuatan septic tank bertujuan untuk menurunkan angka pemukiman kumuh di Kota Depok.

Renacanya, Disrumkim Depok akan merealisasikan program ini mulai April 2019. “Saat ini masih dalam tahap sosialisasi dulu, nanti eksekusinya di April,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Permukiman Disrumkim Kota Depok, Sukanda mengungkapkan, akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat setempat mengenai penggunaan dan perawatan septic tank.

“Supaya septic tank yang dibangun nantinya dapat bertahan lebih lama,” ujar Sukanda.

Menurut dia, pembangunan septic tank akan difokuskan pada wilayah-wilayah yang dianggap memiliki tingkat pencemaran limbah rumah tangga cukup tinggi. Wilayah tersebut tersebar di 11 kecamatan dan 63 kelurahan yang ada di Kota Depok.

“Pembangunan septic tank ini, dimaksudkan agar pemukiman warga bersih dan tak ada lagi warga yang membuang hajatnya di sungai maupun di tempat lainnya, sehingga kebersihan lingkungan dapat terjaga,” tuturnya.

Hingga akhir 2018, lanjut Sukanda, pihaknya telah membangun septic tank bagi 1.394 KK. Dengan rincian tahun 2016 sebanyak 168 KK, tahun 2017 sebanyak 795 KK, dan tahun 2018 sebanyak 434 KK.

“Kami harapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini, ke depannya dapat mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat, nyaman, dan bebas kumuh,” pungkasnya.

(RD/san/pojokjabar)

loading...

Feeds

Zalnando

Zalnando Tak Sabar Cicipi Laga

Bek sayap Persib Bandung Zalnando sudah tidak sabar ingin mencicipi laga bersama timnya. Mantan pemain Sriwijaya FC melewatkan dua pertandingan.