Simulasi Pengamanan Pemilu 2019, Sebanyak 393 Pasukan Amankan Kantor KPU Kota Depok

PENGAMANAN: Suasana saat simulasi pengamanan pemilu 2019 saat latihan bersama TNI-Polri di Lapangan Kartika Batalyon Kavaleri 1 Kostrad, Jalan Palsi Gunung Selatan, Cimanggis, kamis (7/2/19). Sani/Radar Depok

PENGAMANAN: Suasana saat simulasi pengamanan pemilu 2019 saat latihan bersama TNI-Polri di Lapangan Kartika Batalyon Kavaleri 1 Kostrad, Jalan Palsi Gunung Selatan, Cimanggis, kamis (7/2/19). Sani/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Hari ini, Ruas jalan Kartini tepatnya di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akan ditutup sementara.

Hal tersebut diberlakukan, akibat akan dilaksanakan simulasi pengamanan pemilu 2019, tim gabungan Polri dan TNI Batalyon Kavaleri 1 Kostrad.

Pasiops Yonkav 1 Kostrad, Lettu Derry Harnanda mengatakan, sebanyak 393 pasukan dikerahkan mengamankan kantor KPU Depok.

Terdiri dari 221 anggota Yonkav 1 Kostrad, 60 anggota Kompi Kavaleri 1 Kostrad, 60 anggota Resimen 3 Brimob, 10 angggota pemadam kebakaran, 30 Satpol PP, lima anggota PMI, lima ASN Pemkot Depok, dan 2 anggota KPU Depok.

“Pengamanan gabungan ini bukti sinergitas kami bersama instansi lain di Kota Depok dalam mengamankan objek vital saat pemilu, yakni Kantor KPU Depok,” kata Derry kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Kamis (07/02/2019).

Dia menjelaskan, pengamanan gabungan ini akan terus mengawal dari pra pemilu, saat pelaksanaan, hingga pasca pemilu. Dan tugas dari pasukan ini, untuk mengamankan apabila ada massa yang mencoba ricuh pada pemilu 2019.

“Di mulai besok (hari ini, red) kami akan lakukan prosedur dan mekanisme untuk menahan hal-hal yang tidak diingankan pada saat pemilu,” jelasnya.

Menurut Derry, pesta demokrasi merupakan hajat besar rakyat Indonesia setiap 5 tahun sekali. Tentu, antusias masyarakat setiap perhelatan pemilu terus meningkat.

Untuk itu, dia menuturkan, bahwa tidak menutup kemungkinan apabila adanya peningkatan pasukan yang dikerahkan dalam mengamankan pemilu 2019 ini.

“Tentu ada peningkatan (pasukan) tapi berkembangnya menyikapi situasi yang ada,” ujar Derry.

Walaupun situasi menjelang pemilu 2019 sudah terlihat panas di masyarakat. Namun, Derry meyakini bahwa pesta demokrasi di Kota Depok masih terbilang kondusif.

“Depok masih kondusif sampai saat ini, semoga sampai hari H pemilu legislatif dan presiden berjalan dengan lancar,” tutup Derry.

(RD/san/pojokjabar)

loading...

Feeds

Zalnando

Zalnando Tak Sabar Cicipi Laga

Bek sayap Persib Bandung Zalnando sudah tidak sabar ingin mencicipi laga bersama timnya. Mantan pemain Sriwijaya FC melewatkan dua pertandingan.