DBD Masih Merebak, Permintaan Stok Darah di PMI Kota Depok Meningkat

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, DEPOK – Wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), masih merebak di Kota Depok. Ini terbukti sejak sebulan, permintaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok meningkat. Saat ini penderita DBD sudah tembus di angka 436 jiwa yang dinyatakan positif.

Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi PMI Depok, Imron Maulana mengatakan, selama satu bulan terakhir permintaan darah khususnya trombosit dari rumah sakit meningkat. Biasanya, sekitar satu atau dua pendonor sebulan, kini sampai enam pendonor.

“Iya meningkat pesat permintaan dari rumah sakit. Tapi alhamdulillah stok darah dan trombosit di PMI Depok masih teratasi,” kata Imron kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Rabu (06/02/2019).

Imron menjelaskan, stok darah pada komponen trombosit biasanya di minta oleh rumah sakit untuk pasien yang terkena DBD. Dari satu pendonor apheresis (trombosit), bisa menghasilkan 10 kantong trombosit.

“Jadi selama DBD menyerang di Januari-Februari ini sudah mengeluarkan 60 kantong darah trombosit ke rumah sakit,” ujarnya.

Saat ini, anggota pendonor yang tercatat di PMI Kota Depok mencapai 1.000 anggota. Imron memastikan, seiring meningkatnya penderita DBD di Depok, pihaknya memastikan stok darah masih sangat mencukupi.

“Jadi kami pastikan untuk stok darah di PMI aman. Karena kami memiliki alat canggih pengolah darah,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds