Penyakit DBD Renggut Dua Nyawa Warga Kota Depok

Ilustrasi DBD.

Ilustrasi DBD.


Dia menjelaskan, persoalan DBD tak bisa bergantung pada tenaga kesehatan di daerah. Perlu adanya kesadaran masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya.

“Faktor kebersihan lingkungan sangat besar. Perlu satu gerakan di masyarakat tidak mungkin petugas kesehatan menangani sendiri,” tuturnya.

Meski ada peningkatan jumlah kasus, sambung Widiyawati, Pemprov Jabar belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB). Menurut dia, banyak indikator yang mesti dipertimbangkan untuk menetapkan status KLB.

“Gak bisa menentukan semudah itu. Indikatornya banyak sekali kita harus lihat sebarannya. Jadi kita juga harus melihat kriteria dan yang menetapkan harus kepala daerah,” jelasnya.

Sementara, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, penanganan kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) masih bisa terkendali. Meskipun angka kasus DBD di Jabar mengalami peningkatan. Meski ada peningkatan, sebaran penyakit DBD belum disebut merata. Hal itulah yang menyebabkan Pemprov Jabar belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB).

“Secara umum masih terkendali, KLB itu, kan, kalau sudah tidak terkendali sehingga harus lintas pusat pun turun. Itu masalahnya tidak merata,” kata Emil -sapaanya-.

Loading...

loading...

Feeds