Puluhan Siswa SD di Kota Depok Terjangkit Viru Hepatitis

Ilustrasi Hepatitis

Ilustrasi Hepatitis


POJOKJABAR.com, DEPOK – Siswa di empat SD Negeri yang terjangkit virus Hepatitis A bertambah. Awalnya, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Depok, hanya 25 siswa. Namun, kini naik menjadi 33 siswa yang terkontaminasi virus menular tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, 33 siswa terdiri dari SDN 6 ada 11 siswa, SDN Sukamaju 9 ada 10 siswa, SDN Mekarjaya 12 ada 2 siswa, dan SDN Mekarjaya 30 ada 10 siswa, positif terserang Hepatitis A.

“Iya mereka terkena Hepatitis A bukan C, disebabkan kurangnya kebersihan, bukan dari udara,” kata Novarita kepada Radar Depok, Senin (28/1/19) di Balaikota Depok.

Novarita mengungkapkan, diduga penularan virus tersebut akibat pengelolaan makanan yang tidak higienis. Kebiasaan buruk tidak mencuci tangan sebelum makan, dapat meningkatkan risiko besar terjangkitnya hepatitis A.

“Jadi mungkin yang mengelola makanan waktu Buang Air Besar (BAB) tidak mencuci tangan pakai sabun, sehingga ada cemaran karena memegang makanan yang disajikan untuk anak-anak. Jadi tertular lewat itu,” jelas Novarita.

Loading...

loading...

Feeds