Terbukti Bersalah, Imigran Gelap di Depok Dituntut 8 Bulan Penjara

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, DEPOK – Chibuzor Bartholomew Mbaenyi (50), kelahiran Ozara, Nigeria, dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) berupa pidana penjara selama delapan bulan.

Dalam pembacaan surat tuntutan, JPU Putri Dwi Astrini menyebutkan, terdakwa Chibuzor dinyatakan terbukti bersalah masuk atau keluar wilayah Indonesia yang tidak memiliki dokumen perjalanan dan visa yang sah dan masih berlaku.

Dalam sidang Kamis (6/12) siang di Pengadilan Negeri Depok, Chibuzor tidak didampingi penasehat hukum dan penerjemah.

“Menyatakan perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar dan melawan hukum sebagaimana dalam Pasal 119 Ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 06 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” kata Putri, membacakan tuntutan.

Chibuzor terbukti bersalah lantaran tidak bisa menunjukkan paspor dan visa miliknya. Terdakwa hanya dapat menunjukkan foto copy paspor Nomor A3741374A1 dengan masa berlaku paspor tanggal 3 Mei 2007 sampai dengan 4 Mei 2012.

Penangkapan Chibuzor bermula saat Petugas Bagian Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Depok, yakni Saksi Rizki Yudha Putra bersama-sama dengan Saksi Ilyasa dan Saksi Sabam Wijaya Sihombing, Selasa (31/7), melakukan pengawasan warga negara asing (WNA) di wilayah Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere.

loading...

Feeds