Bandar Narkoba Jaringan Internasional di Depok Ini Dituntut 15 Tahun Penjara

Ilustrasi narkoba.

Ilustrasi narkoba.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Depok menuntut 15 tahun penjara terhadap seorang terdakwa Ilham Saputra, dengan tuduhan sebagai bandar dan perantara Narkotika jaringan Internasional di Pengadilan Negeri Depok.

Terdakwa ditangkap Badan Narkotika Nasional karena memesan narkotika 3.444 butir ekstasi dan 451,7 gram sabu dari Belgia, Eropa. Kemudian paket Narkotika itu diselundupkan ke Indonesia menggunakan Speaker, piston dan sepatu melalui jasa ekspedisi paket kiriman EMS (Expres Mail Service).

JPU Rozi Julianto dan Putri Dwi Astrini ketika membacakan surat tuntutan menyatakan terdakwa dinyatakan bersalah tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, membawa, menyerahkan atau menerima Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi lima gram.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah dalam Pasal “Menyatakan terdakwa terbukti bersalah dalam Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sebagaimana dalam Dakwaan Primer JPU. Oleh karena itu menuntut terdakwa berupa pidana penjara selama 15 Tahun,” kata Rozi di persidangan PN Depok.

Diketahui Pasal 114 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika berbunyi dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jualbeli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi 5(lima) batang pohon atau dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 (enam)tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga).

loading...

Feeds