Setelah Kartu Nikah, Kemenag Uji Coba Sistem Daftar Nikah Online, Begini Tanggapan Warga Depok

Buku Nikah yang Digantikan Kartu Nikah

Buku Nikah yang Digantikan Kartu Nikah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Setelah hadirnya kartu nikah yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, kali ini pendaftaran nikah secara online juga akan hadir.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Mulyadi menganggap hal tersebut penting dilakukan di era modern seperti sekarang.

Terlebih bagi mereka yang sibuk bekerja. Namun hal ini tidak dapat diterapkan begitu saja bagi warga desa atau kampung.

“Ini penting, memang sudah harus ada. Jadi yang kerja lebih gampang lakukan pendaftaran tapi lihat mereka warga lain yang kurang mampu menguasai internet dan komputer. Mereka akan lebih memilih secara manual dengan menulis form pendaftaran,” kata Mulyadi.

Keduanya memiliki di hati masing-masing masyarakat. Manual dan online harus tetap dijalankan agar masyarakat memiliki pilihan. Bagi yang bekerja dengan kesibukan yang tinggi bisa memilih online dan untuk mereka yang kurang menguasai internet bisa memilih manual.

“Contohnya saja kayak di tempat saya, pengaduan yang masuk lebih banyak melalui kotak saran dari pada di media sosial atau bahka telepon. Kedunya sama-sama dibutuhkan,” kata Mulyadi.

loading...

Feeds