Dinkes Depok Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

(ilustrasi)

(ilustrasi)

POJOKJABAR.com, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok, bakal menggelar pemeriksaan pap smear atau pemeriksaan mencegah kanker servik. Giat yang dilakukan secara gratis ini, guna menuntaskan kanker mematikan tersebut sejak dini.

Sekretaris Dinas Kebersihan (Dinkes) Depok, Ernawati mengatakan, pemeriksaan kanker ini secara gratis. Jadi, perempuan usia dewasa bisa mengetahui dia terkena kanker atau tidak sebelum mencapai masa stadium penyakit.

“Kami rutin melakukan pemeriksaan pap smear, untuk kali ini dilakukan sehubungan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI,” tutur Ernawati, kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Kamis (15/11/2018).

Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Depok, Rani Martina mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan selama dua hari mulai tanggal 15–16 November mendatang. Pemeriksaan tersebut akan digelar di Lantai 10 Gedung Dibaleka II sejak pukul 08:00 hingga 14:00 WIB.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain membawa fotokopi kartu BPJS aktif dan KTP, sebagai wanita yang sudah menikah atau sudah berhubungan seksual, dan tidak sedang menstruasi serta tidak berhubungan seksual sejak hari sebelum pemeriksaan.

Selain itu, ucap Rani, wanita yang ingin mengikuti pemeriksaan pap smear tidak diperkenankan menggunakan tampik sejak dua hari sebelum pemeriksaan. Dan tidak membersihkan vagina dengan douche sejak tiga hari sebelum pemeriksaan.

“Ada beberapa persyaratan dan ini harus dipenuhi agar hasilnya dapat lebih jelas,” ujarnya.

Pemeriksaan pap smear tersebut dapat diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Balai Kota Depok, istri ASN, serta pegawai non ASN di lingkungan Balaikota. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi dr. Mira Miranti di 08156200142 dan dr. Agus 081905973060.

(RD/irw/pojokjabar)

loading...

Feeds