Tipu-tipu Mengurus Surat Kendaraan, Pria Ini Harus Berurusan dengan Polisi

MENUNJUKAN BUKTI: Kasatreskrim Polresta Depok, Kompol Deddy Kurniawan (dua dari kanan) memperlihatkan barang bukti praktek percaloan, di Mapolresta Depok, jum'at (09/11/18). Irwan/Radar Depok

MENUNJUKAN BUKTI: Kasatreskrim Polresta Depok, Kompol Deddy Kurniawan (dua dari kanan) memperlihatkan barang bukti praktek percaloan, di Mapolresta Depok, jum'at (09/11/18). Irwan/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Praktek percaloan bukan menjadi hal yang baru di kalangan masyarakat. Namun apabila percaloan tersebut berujung pada kasus penipuan tentunya menjadi sebuah pembelajaran.

Seperti yang dilakukan Kiki (53), warga Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, harus berurusan dengan polisi, karena terbukti melakukan penipuan terhadap puluhan korban yang hendak mengurus surat-surat kendaraan.

Kiki diketahui berprofesi sebagai penyedia jasa perpanjangan STNK dan BPKB, pria paruh baya ini diamankan Satresmob Polresta Depok di kediamannya pada Jumat (9/1/18).

“Penangkapan terhadap tersangka berdasarkan dua laporan polisi di wilayah Polsekta Bojonggede dan Polresta Depok. Kita bergerak dan akhirnya berhasil melakukan penangkapan,” kata Kasatreskrim Polresta Depok, Kompol Deddy Kurniawan di Mapolresta Depok, Jumat (9/11/18).

Modus tersangka Kiki yaitu dengan berpura-pura mengurus pajak kendaraan, baik mobil maupun motor dan ganti plat. Setelah korbannya memberikan sejumlah uang, Kiki meminta tenggat waktu untuk mengurusnya.

“Namun, setelah satu bulan ternyata pajak kendaraan milik korban tidak kunjung selasai, di situlah mereka merasa tertipu dan langsung melapor,” bebernya.

Dari hasil interogasi dan identifikasi terhadap pelaku Kiki, ada sekitar kurang lebih 30 masyarakat yang menjadi korban penipuan.

“Uang hasil penipuan yang telah dinikmati korban diperkirakan mencapai Rp70 juta. Dari tangan tersangka kita amankan 30 BPKB dan 15 STNK yang belum diproses, dua kuitansi, dua tas, dan dua handphone,” ungkap Kompol Deddy.

loading...

Feeds

Lomba PMR yang diselenggarakan di SMPN 21  Bekasi. (ist)

SMPN 21 Bekasi Gelar Kibar ke-IX

PALANG Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 21 Kota Bekasi gelar kibar aksi persahabatan dalam lomba sepulau Jawa-Lampung. Perlombaan yang terselenggara …