Pembangunan Underpass di Stasiun Depok Lama Harus Jamin Keselamatan Penumpang

MASIH PROSEL AWAL : Lokasi yang akan dibuat underpass atau terowongan untuk para pengguna KRL Commuter Line di Stasiun Depok, Senin (5/11/18). Ahmad Fachry/Radar Depok

MASIH PROSEL AWAL : Lokasi yang akan dibuat underpass atau terowongan untuk para pengguna KRL Commuter Line di Stasiun Depok, Senin (5/11/18). Ahmad Fachry/Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – PT Kereta Api Indonesia atau KCI tengah membangun underpass atau terowongan penyeberangan di stasiun yang masuk di wilayah di Kota Depok Stasiun Depok Lama dan Stasiun Universitas Indonesia (UI). Terowongan itu dipastikan selesai pada pertengahan 2019 mendatang.

Pembangunan itu merupakan bentuk pelayanan PT Kereta Api Indonesia dan SOP pelayanan sekelas pelayanan transportasi mengingat aktifitas kereta hitungan menit tiba di stasiun.

Pengamat Transportasi Univeritas Katolik Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan pembangunan terowongan itu harus membuat jaminan keselamatan bagi penumpang.

“Selain itu terowongan harus dibuat nyaman,” kata Djoko Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Senin (05/11/2018).

Djoko menilai, SOP pelayanan ini memang penumpang dilarang melintas rel kereta karena berbahaya dan harus ditempatkan petugas. Saat ini meningkatnya volume lalu lintas kereta bisa hitungan menit.

Berdasarkan data pada 2013 hanya angkut 300 ribu orang, lima tahun berikutnya yakni 2018 sudah melonjak 1,1 juta penunpang tiap hari.

Humas KCI Eva Chairunisa menjelaskan, pembangunan terowongan itu masuk program kerja tahun 2018. Di mana, ada empat stasiun yang akan dibuatkan underpass oleh KCI diantaranya Stasiun Depok lama, UI, Pasar Minggu, Stasiun Duren Kalibata.

“Target selesai pertengahan tahun 2019. Untuk Stasiun Depok sendiri saat ini masih pada tahap awal pembuatan pondasi untuk temporary bridge,” tutur Eva kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Pembangunan terowongan ini kata Eva, tidak terganggu karena ada jembatan sementara sehingga pada saat penggalian bagian bawah operasional perjalanan KRL tidak terganggu. Stasiun Citayam sudah tahun lalu.

Masuk program 2017 yaitu ada enam stasiun antara laun Citayam, Cilebut, Bojong Gede, Tebet, Sudimara, dan stasiun Pondok Ranji.

(RD/irw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds