Berusia 128 Tahun, Kondisi Bangunan SDN Pancoranmas 02 Butuh Perhatian Pemkot Depok

BERAKTIFITAS: Sejumlah anak beraktifitas pada saat jam istirahat di SDN Pancoranmas 2, Jalan Pemuda Raya, Kecamatan Pancoranmas. Ahmad Fachry/Radar Depok

BERAKTIFITAS: Sejumlah anak beraktifitas pada saat jam istirahat di SDN Pancoranmas 2, Jalan Pemuda Raya, Kecamatan Pancoranmas. Ahmad Fachry/Radar Depok

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – Bangunan SDN Pancoranmas 02 di Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas merupakan bangunan sekolah yang berdiri sejak 1890, dan kini perlu perhatian Pemkot Depok. Karena kondisinya sekarang ini banyak atap plafon sekolah yang ambruk.

Kendati demikian bangunan sekolah tersebut masuk di area heritage kini dalam tahapan pembangunan gapura di Jalan Pemuda. Kepala Bidang Aset Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) Ferdi Yonathan mengatakan, bangunan SD Pancoranmas 02 merupakan bangunan cagar budaya peninggalan Cornelis Chastelein.

Diperkirakan umur bangunan sekolah itu sudah 128 tahun. Di mana asetnya terdaftar di YLCC perlu diperhatian pemkot Depok karena sudah masuk kawasan heritage.

“Lahan dan bangunannya milik YLCC yang di sewa Dinas Pendidikan Depok,” kata Fredi, kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Selasa (25/09/2018).

Dibutuhkanya perhatian dari pemerintah daerah ini karena kondisi atap plafon sudah banyak yang ambruk.

“Dulunya sekolah anak-anak golongan eropa dibangun tahun 1890 perlu perhatian Dinas Diporyata dan Dinas Pendidikan. Ini sekolah SD negeri pertama di Depok,” kata dia.

Lebih parahnya lagi sambung Ferdi, ruang kelas yang paling ujung sudah hancur dan banki kelas yang antik pun rusak. Menurut dia, barang-barang peninggalan perlu dirawat dan ini perlu dana perawatan.

“Bisa dibenerin pakai dana sekolah dana ya dari dana sapras yakni dana sewa lahan,” ungkapnya. Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Depok Mohammad Thamrin menegaskan bahwa status bangunan SDN Pancoranmas 02 sewa.

“Kedepan kita pikirkan kembali, karena kita (Pemkot) tidak beli lahan itu dan sudah diahlikan cagar budaya. Kita tidak bisa , karena sudah anggarkan penyewaan dan tidak bisa intervensi. Kedepan SDN Pancoranmas 02 akan dimanger,” ungkap Thamrin.

(RD/irw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Pileg 2019

Jangan Asal Pilih Dewan di 2019

Masyarakat diminta cerdas memilih wakil rakyat di 2019. Sebagai corong aspirasi, DPRD Kabupaten Bekasi harus diisi para anggota dewan yang …