Hore! Tahun 2020, Kota Depok Punya Alun-Alun

MENINJAU: Walikota Depok Mohammad Idris didampingi pejabat terkait saat meninjau pembangunan Alun-Alun Kota Depok yang berada di kawasan Grand Depok City, Senin (24/5/18). Ahmad Fachry/Radar Depok

MENINJAU: Walikota Depok Mohammad Idris didampingi pejabat terkait saat meninjau pembangunan Alun-Alun Kota Depok yang berada di kawasan Grand Depok City, Senin (24/5/18). Ahmad Fachry/Radar Depok

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – Pada 2020, Kota Depok ditargetkan akan memiliki Alun-alun. Saat ini pembangunan tahap pertama tengah dimulai di kawasan Grand Depok City (GDC), Kecamatan Cilodong, Senin (24/9/18).

Alun-alun tersebut dibangun di atas lahan seluas 3,6 hektar, anggaran mencapai Rp90 miliar yang dibagi dua tahap. Pertama, seluas 1,8 hektar dengan biaya Rp32 miliar.

Dan tahap kedua, Rp56 miliar Tahap pertama seluas 1,8 hektar dengan biaya Rp 32 miliar dan tahap kedua 56 miliar yang ditargetkan tahun 2020 selesai dan bisa dapat digunakan warga Depok.

“Pembangunan alun-alun tahap pertama ini dibangun area jenis olahraga dan fasilitas lainya. Ada 18 area yang akan dibangun,” kata Idris, Senin (24/9/18).

Target pembangunan alun-alun selesai tahun 2020 jelas Idris itu tahaoan finising hingga rapih semua. Harapan alun-alun Depok dapat terwujud dan bisa dinikmati warga Depok pada 2020 nanti.

“Ada satu bangunan gedung yang tak terbangun di alun-alun yakni gedung aula,” ucap Idris. Idris juga menegaskan bahwa alun-alun dibangun bukan dari dana CSR melainkan dana APBD Kota Depok. Anggaran ini disalurakan untuk kebutuhan pembeliam lahan, pembangunan alun-alun, dan lainyan “Tidak ada bantuan dari pihak swasta atau CSR,” kata dia.

Alasan dibangun alun-alun pertama Kota Depok di wilayaj GDC ini karena melihat harga lahan di GDC tidak terlalu mahal. Itu kata dia, bisa dijangkau oleh APBD Depok. Sedangkan untuk membangun alun-alun di Jalan Margonda dan membutuhkan lahan hektar harganya tidak terjangkau APBD Depok.

“Alasan harga tak terjangkau, Rp 35 juta permeter di Jalan Margonda, kita butuh 1 hektar dapat relatif lebih terjangkau di GDC,” ucap Idris.Pembangunan alun-alun Kota Depok di kawasan GDC juga ditarget sampai akhir tahun pembangunan.

“Insya Allah selesai. Sudah mulai dilakukan pada awal September ini,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Depok, Dudi Miraz.

Ia menjelaskan, pembangunan alun-alun Depok merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021. RPJMD ini jelas dia, adalah janji Walikota dan Wakil Walikota Depok saat kampanye.

Pemkot Depok menganggarkan Rp90 miliar untuk pembangunan alun-alun Depok di lahan dekat Grand Depok City (GDC). Luas lahan untuk pembangunan itu mencapai 3,7 hektar.

“Anggarannya kurang lebih Rp90 miliar memakai dana APBD, ini masih perhitungan kasar, detailnya masih dihitungkan,” kata dia.


loading...

Feeds

Pepen saat meninjau sejumlah tempat di Mustika Jaya (ist)

Pepen Peringati Sejumlah Pejabat

WALI Kota Bekasi Rahmat Effendi menjawab tindak lanjut Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) Ombudsman RI Jakarta Raya Noreg 0617/IN/VII/2018/JKR, dengan …