Ada Ganguan di Pembangkit Listrik Paiton Probolinggo, Sebagian Wilayah Kota Depok Mati Listrik

PEMERIKSAAN RUTIN: Petugas sedang melakukan pemeriksaan rutin di Gardu Induk PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa-Bali, di Gandul, Cinere, Kota Depok. Ahmad Fachry/Radar Depok

PEMERIKSAAN RUTIN: Petugas sedang melakukan pemeriksaan rutin di Gardu Induk PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa-Bali, di Gandul, Cinere, Kota Depok. Ahmad Fachry/Radar Depok


Sementara itu, Asisten Manajer Jaringan PLN Area Depok, Pipin Aripin menerangkan, pemulihan pembangkit baru memasuki tahap pembenahan beban kelistrikan.

“Sampai saat ini pagi dan siang ini (kemarin-red) dari informasi yang kita terima pembangkit tersebut masih Recovery belum masuk ke sistem,” ucap Pipin.

Pipin menjelaskan, pemadaman secara bergilir juga dilakukan di wilayah Depok. Namun hingga saat ini, terpantau pasokan listrik masih dirasakan cukup sehingga belum ada keputusan untuk melakukan pemadaman secara bergilir.

“Harusnya jam 10 pagi eksekusi pemadaman tapi sekarang aman, karena sumber yang ada mencukupi kuota,” ucapnya. Namun, pemadaman secara bergilir ternyata beralih untuk beberapa wilayah di Priangan Timur hingga Kota Bandung.

“Untuk wilayah yang dipasok listrik dari DKI Jakarta seperti Bogor, Depok, Bekasi dan Sukabumi aman. Nah justru dampaknya ke timur seperti sebagian kecil Bekasi, Cimahi, Garut , Majalaya, Purwakarta dan Sumedang (priangan timur),” paparnya.

Pipin menerangkan, meskipun terpantau pasokan listrik stabil. Namun, pihaknya berusaha mengantisipasi terutama di waktu puncak beban listrik yaitu pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB.

“Kita sudah siapkan, skenario dengan mengurangi pada daya penyulang (pemberi lisrik) untuk sepersepuluh wilayah Depok. Jadi, kita akan padamkan listrik secara bergilir tiga jam sekali di waktu puncak pemakaian beban listrik itu,” bebernya.

Pengaturan tersebut, dipercaya oleh PLN Area Depok sebagai solusi mujarab untuk mengatasi keterbatasan pasokan listrik yang masih mengalami gangguan tersebut.

“Kita atur, misalkan hari ini pemadaman di Sawangan, Bojong Gede, Cibinong, Cimanggis dan Depok Kota tapi tidak semua sebagian – sebagian saja bergiliran,” tandasnya.

Diketahui, seluruh wilayah Pulau Bali mengalami pemadaman listrik total (black out) sejak Rabu siang 5 September 2018. Pemadaman ini menyebabkan terganggunya operasional di sejumlah perkantoran.

Selain itu, hal yang sama juga terjadi di Paiton Probolinggo, Kediri dan Pacitan. Kondisi pembangkit Piton yang terletak di wilayah Probolinggo Jawa Timur yang mengalami gangguan, hingga saat ini masih dalam tahap perbaikan.

(RD/irw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds