Disdik Depok: Guru Dilarang Beri PR Siswa dari LKS

Ilustrasi kegiatan belajar. (Dok. Radar Depok)

Ilustrasi kegiatan belajar. (Dok. Radar Depok)


POJOKJABAR.com, DEPOK – Sejalan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, dan Kurikulum 13(K-13). Dinas Pendidikan (Disdik) Depok, bakal melarang guru di sekolah memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa menggunakan lembar kerja siswa (LKS).

Kepala Disdik Depok, Mohamd Thamrin menegaskan, pemberian PR kepada siswa masih diberlakukan di sekolah-sekolah yang di Kota Depok. Karena, Ia menganggap sebuah PR adalah cara yang baik untuk menjalin komunikasi antara anak dan orangtua saat berada di rumah sesuai arahan dari Kurikulum 13 (K-13).

“Di kurtilas anak lebih didorong pada penguatan karakternya, dan faktor penentunya adalah komunikasi. Jadi dengan adanya PR orangtua bisa membantu dan berdiskusi bersama untuk mengerjakan tugas anaknya,” kata Thamrin kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Grup), Jumát (20/07/18).

Thamrin mengungkapkan, kini Disdik Kota Depok tengah fokus mengoptimalkan lima hari sekolah (full day) dengan proses belajar mengajar selama delapan jam.

“Selama delapan jam itu mereka mulai belajar jam 07.00-13.00, nanti setelahnya baru mereka isi dengan kegiatan penguatan karakter sampai jam 15.00,” ungkapnya.

Kegiatan penguatan karakter mengacu pada penerapan K-13, yang kini dijadikan pedoman belajar untuk sekolah di Kota Depok. Kegiatan yang dimaksudkan Ia diantaranya, Ekstrakurikuler (ekskul) dan kerja kelompok.

“Jadi tugas-tugas (PR) yang diberikan guru dikerjakan di sekolah secara berkelompok dengan guru dan teman-temannya. Jadi saat sampai dirumah mereka sudah tidak lagi memikirkan PR fokus untuk istirahat,” jelasnya.

Seperti diketahui, lanjut Thamrin, hanya beberapa dari sekolah swasta yang sudah menerapkan hal tersebut. Namun, masih disayangkan karena penerapannya belum secara maksimal, yakni di Hari Sabtu masih diisi dengan kegiatan ekskul.

“Harusnya Sabtu sekolah dikunci dan siswa menghabiskan waktu di rumah bersama kedua orangtuanya,” jelas Thamrin.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds

ilustrasi-miras

MPR RI Blak-blakan Soal Perpes Miras

Jadi, demi melindungi seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana perintah konstitusi, dan untuk kemaslahatan terbesar bagi rakyat dan NKRI, juga sesuai dengan …