Cegah Banjir Saat Lebaran, DPUPR Kota Depok Keruk Kali Pesanggrahan

DINORMALISASI: Mesin berat milik DPUPR Kota Depok melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) menormalisasi Kali Pesangrahan jalan mawar Kelurahan Pasir Putih, Sawangan untuk mencegah banjir selama Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah, Senin (11/6). Irwan/Radar Depok

DINORMALISASI: Mesin berat milik DPUPR Kota Depok melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) menormalisasi Kali Pesangrahan jalan mawar Kelurahan Pasir Putih, Sawangan untuk mencegah banjir selama Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah, Senin (11/6). Irwan/Radar Depok

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, bergerak cepat menanggulangi banjir di Kali Pesangrahan saat Lebaran. Terkhusus di Jalan Mawar, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan yang menjadi langganan banjir.

Kemarin, DPUPR menurunkan alat berat dan mengeruk material lumpur. Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto mengatakan, upaya normalisasi dengan mengeruk material lumpur maupun bebatuan yang ada di Kali Pesangrahan.

“Antisipasi banjir dan genangan. Maka salah satunya dengan upaya menormalisasi kali yang mengalami pendangkalan,” kata Manto kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Grup), Senin (11/06/18).

Selain itu, pihaknya juga dibantu Satuan Tugas Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kota Depok, untuk melakukan normalisasi drainase di jalan-jalan utama Kota Depok. “Kami menurunkan alat pengeruk material lumpur dan ada truk untuk mengangkut,” ucap Manto.

Menambahkan ucapan Manto, Kepala Bidang SDA DPUPR Depok, Citra Indah Yulianti menyebutkan, normalisasi juga sebagai bentuk penanganan banjir di Depok. Namun, sekarang ini DPUPR bidang SDA menormalisasi Kali Pesangrahan yang sering mengalami banjir.

Paling tidak sambung dia, tidak banjir selama Idul Fitri tahun ini. Bahkan, Satgas Banjir hampir setiap hari melakukan pembersihan di situ, kali, dan saluran irigrasi yang memang banyak sampah. “Satgas banjir siap siaga. Longsor pun kami lakukan penanganan pertama. Kami keruk di Jalan Mawar karena memang selalu banjir,” kata Citra.

Menurut dia, jumlah titik banjir sangat banyak sudah ditangani dengan kegiatan rutin. “Sampai saluran air tergenang kami lakukan penanganan,” kata dia.
Tak hanya Dinas PUPR Kota Depok yang menangani pencegahan banjir di Depok.

Pihak pemerintah pusat pun melalui Balai Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC) dengan mengeruk sejumlah kali yang ada di Depok. “Jadi kami banyak kegiatan cegah banjir,” kata Citra.

(RD/irw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Libur Lebaran, TPS Liar Mulai Bermunculan di Bekasi

Pemkot Bekasi Tutup 88 TPS Liar

Sejak 2014, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menutup 88 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar dari 120 yang tersebar secara …