Pemkot Depok Hidupkan Kembali Permainan Tradisional

SAMBUTAN : Walikota Depok, Mohammad Idris, memberi sambutan dalam acara eksebisi olahraga hadangan antara Pemkot Depok dengan instansi vertikal, di Lapangan Balaikota Depok, Kamis (22/03/18). Ist

SAMBUTAN : Walikota Depok, Mohammad Idris, memberi sambutan dalam acara eksebisi olahraga hadangan antara Pemkot Depok dengan instansi vertikal, di Lapangan Balaikota Depok, Kamis (22/03/18). Ist

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok berupaya menghidupkan kembali permainan tradisional. Langkah ini sebagai bentuk kepedulian pada budaya di Indonesia, khususnya di lingkungan Pemkot Depok.

“Kami hidupkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai tak ada gaunganya di kalangan anak-anak,” kata Kepala Disporyata Kota Depok, Wijayanto. Menurut dia, permainan ini mampu menyehatkan, bahkan di dalam permainan tradisional punya efek kerja sama yang kuat.

Ia menambahkan, Pemkot Depok terus berupaya melestarikan permainan-permainan tradisional yang ada di Depok. “Setidaknya setiap Porpemkot kita hidupkan permaianan ini,” jelasnya.

Ke depan, dia berencana menyosialisasikan permainan tradisional ke tingkatan kelurahan. Dengan sosialisasi itu, lanjutnya, generasi muda diharapkan bisa mengenal kekayaan permainan tradisional milik kotanya.

Hal senada dilontarkan Walikota Depok, Mohammad Idris. Kata dia, pengenalan permainan tradisional masuk dalam program pemerintah. Sebab, Depok memiliki program Kota Layak Anak di RW, jadi pas untuk dilestarikan.

“Kami juga akan perkenalkan pertandingan-pertandingan anak-anak yang memang bernuansa tradisional,” ujarnya.

Pengenalan tersebut dilakukan karena keprihatinannya terhadap memudarnya keinginan anak-anak dan remaja melakukan permainan tradisional.

“Mereka lebih senang kepada pertandingan-pertandingan games,” ucapnya Anak-anak, kata Idris, jarang berinteraksi dan bergerak karena gandrung memainkan game-game dalam dunia maya.

“Pemkot Depok juga akan mengirimkan perwakilan dalam perlombaan olahraga tradisional di gelaran olahraga antar daerah di Pemerintah Jawa Barat,” pungkasnya.

(RD/irw/pojokjabar)


loading...

Feeds