BBWSCC: Empat Situ di Depok Hilang

MIRIS: Lahan bekas Situ Pasir Putih di kawasan RT01/03, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, kini telah menjadi daratan. Bahkan banyak bangunan rumah. Ahmad Fachry/Radar Depok

MIRIS: Lahan bekas Situ Pasir Putih di kawasan RT01/03, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, kini telah menjadi daratan. Bahkan banyak bangunan rumah. Ahmad Fachry/Radar Depok

Cari Aman

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menilai, perlu langkah kongret untuk menyelamatkan situ yang berada di Jabodetabek. Salah satunya dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik masyarakat, pemerintah maupun pihak swasta secara holistik.

Menurut dia, upaya penyelamatan situ tak cukup hanya melakukan pendataan dan sertifikasi, tetapi langah lebih jauh, yakni pemanfaatan situ tersebut setelah mempunyai sertifikat.

Salah satunya, kata dia bisa dengan menggunakan pendekatan wisata berbasis lingkungan di sekitar situ yang melibatkan pihak swasta.

“Seharusnya langsung action, susun apa yang harus dilakukan, kalau sudah punya sertifikat dan tidak diapa-apakan kan percuma juga, ini yang harus dipikirkan,” jelas dia.

Selain itu, kata Nirwono, perlu juga melibatkan masyrakat untuk berperan aktif dalam upaya penyelamatan situ tersebut. Sebab kata dia, jika tidak ada upaya penyelamatan dan keterlibatan masyarakat sendiri, bukan tidak mungkin 183 situ lainnya berpotensi hilang. Nirwono menilai, masyarakat bisa mendampingi pemerintah untuk mewujudkan hal itu.

“Di sinilah peran masyarakat mendampingi pemerintah untuk memastikan pemerintah kira-kira patok mana yang akan ditetapkan. di situlah terjadi sosialisasi, ada negosiasi,” pungkasnya.

(RD/irw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Rivalitas Persib dan Persija

Rivalitas Persib-Persija Sudah Tak Sehat

RIVALITAS antara pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung perlu mendapat perhatian khusus dari aparat keamanan, pemerintah, serta PSSI. Sebab, rivalitas …