Cegah Banjir, Pemkot Depok Rutin Normalisasi Situ dan Kali

DITANGANI: Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melaksanakan normalisasi kali Pesanggrahan, antara Kecamatan Sawangan dan Cipayung, rabu (21/2/18). Irwan/Radar Depok

DITANGANI: Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melaksanakan normalisasi kali Pesanggrahan, antara Kecamatan Sawangan dan Cipayung, rabu (21/2/18). Irwan/Radar Depok

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – Guna menanggulangi banjir di sejumlah wilayah di Kota Depok, Pemkot Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, terus memaksimalkan normalisasi kali dan situ.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto Naikmengatakan, upaya normalisasi dengan mengeruk material lumpur maupun bebatuan yang ada di kali dan sungai dilakukan hampir setiap hari.

“Antisipasi banjir dan genangan maka salah satu upaya dengan normalisasi kali yang mengalami pendangkalan,” kata Manto kepada Radar Depok, didampingi Kepala SDA Citra Indah, rabu (21/2/18).

Kegiatan normalisasi ini dilakukan pada Rabu (21/2/18) di Kali Enggram, Sawangan Baru dan Kali Jantung Perum Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong, dan Kali Pesangrahan.

“Pakai alat pengeruk material lumpur dan ada truk untuk mengangkut,” ucap Manto.

Selain itu, pihaknya juga dibantu oleh Satuan Tugas Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kota Depok untuk melakukan normalisasi drainase di jalan-jalan utama Kota Depok.

Selama kurang lebih satu bulan, Dinas RUPR Kota Depok juga melakukan normalisasi Situ Pengasinan dengan satu alat berat.

“Alat berat Dinas PUPR melakukan normalisasi dengan memberdayakan Satgas bidang sumber daya air,” ucap Manto. Hal sama juga dikatakan, Kepala Bidang SDA Citra Indah normalisasi juga sebagai bentuk penanganan banjir di Depok.

Bahkan, Satgas Banjir hampir setiap hari melakukan pembersihan di situ, kali, dan saluran irigrasi yang memang banyak sampah.

“Satgas banjir siap siaga. Longsor pun kami lakukan penanganan pertama,” kata Citra.

Menurut dia, jumlah titik banjir sangat banyak sudah ditangani dengan kegiatan rutin. “Sampai saluran air tergenang kami lakukan penanganan,” kata dia.

Tak hanya Dinas PUPR Kota Depok yang menangani pencegahan banjir di Depok. Pihak pemerintah pusat pun melalui Balai Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC) dengan mengeruk sejumlah kali yang ada di Depok. “Jadi kami banyak kegiatan cegah banjir,” kata Citra.

(RD/irw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Syahrini

3 Alasan Syahrini Belum Juga Menikah

Penyanyi sensasional Syahrini membeberkan alasan kenapa dirinya belum menikah hingga saat ini. Dia mengaku punya tiga alasan belum menikah meski …