RTH Kurang, Pegiat Lingkungan Ancam Somasi Pemkot Depok

DISKUSI: Para pegiat lingkungan dari RTH Movement mengelar diskusi di Jalan Raya Citayam, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, belum lama ini. Irwan/Radar Depok

DISKUSI: Para pegiat lingkungan dari RTH Movement mengelar diskusi di Jalan Raya Citayam, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, belum lama ini. Irwan/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Masalah baru kembali menyerang Pemkot Depok. Selasa (13/2/18), aktivis Ruang Terbuka Hijau (RTH) Movement bakal men-somasi orang nomor satu di Kota Depok.

Keladinya, hingga saat ini Depok baru menyediakan RTH 16,33 persen atau 3.271 hektar dari seharusnya 20.029 hektar atau 30 persen.

Koordinator RTH Movement, Alferd Sitorus mengatakan, persentase RTH yang tersedia juga bukan hanya berasal dari usaha Pemkot Depok semata. Angka 16 persen kata dia, merupakan gabungan RTH publik (hasil penyediaan pemkot) dan privat (milik warga).

Jika tidak bisa mencapai 30 persen, Alferd akan melakukan gugatan hukum kepada Pemerintah Kota Depok yang tidak memenuhi 30 persen RTH. Jika tidak ada tanggapan, kata dia, akan melayangkan ke citizen law suit.

“Tak ada komitmen dari Pemkot Depok, kami akan (mengajukan) somasi kepada walikota dan jajarannya,” kata Alfred kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), usai diskusi dan konferensi pers di Jalan Raya Citayam, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung, Senin(12/2).

Langkah hukum ini, kata dia, karena kondisi lingkungan di Kota Depok semakin memperhatinkan. “Proses meja hijau menunggu pemkot bila somasi tak mendapat respon,” tegasnya.

Di sisi lain, lanjutnya, dalam 10 tahun ini Pemkot Depok juga membabat RTH daerah milik jalan dan trotoarnya di sepanjang Margonda. Bahkan, kata dia, mengizinkan pembabatan bambu di bantaran Sungai Ciliwung.

“Kondisi itu semakin mempersempit luasan RTH dan menurunkan daya dukung Depok,” kata dia.

loading...

Feeds

Formasi

Pengurus Formasi Resmi Dikukuhkan

PENGURUS Forum Media Industri Bekasi (Formasi) resmi dikukuhkan di Hotel PrimeBiz, Cikarang Selatan, Selasa (13/11/2018). Pengukuhan itu dihadiri praktisi Human …