Pengamat: Kota Depok Butuh Transportasi Umum yang Terinegritas

PADAT: Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Raya Margonda. Ahmad Fachry/Radar Depok

PADAT: Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Raya Margonda. Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Jalan Margonda Raya kekiniannya semakin macet, terlebih saat pagi dan sore hari. Belaum lagi ketika masuk weekend. Menurut Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno. Macet Margonda lantaran buruknya trasportasi umum di Kota Depok.

Karena transportasi umum di Kota Depok yang buruk menyebabkan masyarakat Kota Depok lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor terlebih yang berada di Jalan Margonda Raya.

Dia mengatakan, selama tidak ada niatan pemerintah untuk mengembangkan kendaraan umum, kemacetan di Jalan Margonda akan terus terjadi. Bahkan dikhawatirkan akan terjadi di jalan-jalan lain yang terintegrasi dengan Jalan Margonda.

“Perlu ada transportasi umum yang terinegritas di Kota Depok, karena selama ini menurut hemat saya transportasi di Kota Depok belum maksimal, bahkan masih buruk,” kata Djoko kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Senin (12/02/2018).

Selain itu, dia mengatakan upaya Walikota untuk menerapkan Sistem Satu Arah (SSA), dan menutup beberapa U turn di sepanjang Jalan Margonda tidak memberikan hasil yang signifikan.

“Penerapan SSA, dan mnutup beberapa U turn itu hanya program yang menyenangkan sesaat, tapi menyesatkan, karena Kota Depok bisa semakin macet,” papar Djoko.

Dengan demikian dia menyarankan agar pemerintah Kota Depok harus merumuskan transportasi umum yang bisa terintegrasi keseluruh Jalan di Kota Depok, sehingga beban Jalan Margonda bisa dikurangi.

“Akar masalahnya ada di transportasi umum. Pemerintah harus menata itu, jika ingin Jalan Margonda selamat,” papar Djoko Setijowarno.

loading...

Feeds

Formasi

Pengurus Formasi Resmi Dikukuhkan

PENGURUS Forum Media Industri Bekasi (Formasi) resmi dikukuhkan di Hotel PrimeBiz, Cikarang Selatan, Selasa (13/11/2018). Pengukuhan itu dihadiri praktisi Human …