Disdik Kota Depok Targetkan 500 PAUD Dikmas Terakreditasi

LUCU BANGET: Aktifitas murid-murid PAU D Dikmas di salah satu lembaga di Kota Depok. Irwan/Radar Depok

LUCU BANGET: Aktifitas murid-murid PAU D Dikmas di salah satu lembaga di Kota Depok. Irwan/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Menunjang kualitas pendidikan di pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PUAD Dikmas). Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menargetkan 500 lembaga tersebut dapat terakreditasi di 2018.

“Dengan status terakreditasi, diharapkan semua lembaga dapat memberikan pelayanan berkualitas,” kata Kepala Bidang PAUD Dikmas, Disdik Kota Depok, Tatik Wijayanti, kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Jumát (19/01/2018).

Tatik menuturkan, ada 1.300 lembaga PAUD Dikmas di Kota Depok. Hingga tahun 2017, sebanyak 30 persen dari jumlah lembaga PAUD Dikmas sudah terakreditasi.

“Masih sedikit lembaga yang sudah melakukan proses akreditasi. Kedepan akan terus kami dorong agar seluruhnya dapat mengurus akreditasi,” tambah Tatik.

Dirinya menambahkan, status akreditasi memiliki peranan penting bagi lembaga pendidikan. Untuk Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), saat menghadapi Ujian Nasional (UN) syarat utama adalah harus sudah terakreditasi.

Selain itu, bagi Lembaga Kursus dan Pendidikan (LKP) serta PAUD jika ingin mengajukan Biaya Operasional Pendidikan (BOP), sertifikasi, maupun tunjangan juga harus sudah terakreditasi. Akreditasi, kata dia, penting untuk lembaga pendidikan.

“Dengan begitu diharapkan seluruh lembaga dapat mengurus proses akreditasi demi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar,” kata Tatik.

Terpisah, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Supriatni mengatakan, langkah Pemkot Depok sudah baik dalam memberi fasilitas menuju akreditasi bagi PAUD Dikmas.

Sebab, sambung politikus Golkar ini, lembaga tersebut mesti diperhatikan, karena cikal bakal anak untuk mengenyam pendidikan di tingkat selanjutnya.

“Kami harap semua terakreditasi,” tandasnya.

(RD/irw/pojokjabar)

loading...

Feeds