BPN Depok: Biaya Administrasi Pendaftaran Sertifikat Tanah Rp150 Ribu

SOSIA LISASIKAN : BPN Depok menyosialisasikan PTSL di Kelurahan Grogol, Limo Depok, kamis (18/1/18). Irwan/Radar Depok

SOSIA LISASIKAN : BPN Depok menyosialisasikan PTSL di Kelurahan Grogol, Limo Depok, kamis (18/1/18). Irwan/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sudah dua hari ini Badan Pertanahan Negara (BPN) Depok keliling di Kota Sejuta Maulid, menyosialisasikan program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) atau Prona.

Nah kemarin, giliran Kelurahan Grogol, Limo yang disambangi. Hasilnya 11 dari 13 RW di Grogol akan mendapatkan 2.000 bidang tanah.

Ketua Tim PTSL, Wawan Karyawan mengatakan, pelaksanaan sosialisasi program PTSL bertujuan untuk menjelaskan kepada masyarakat pemilik tanah yang belum tersertifikasi, untuk mengoptimalkan kesempatan mengikuti program PTSL dengan mengajukan persyaratan yang diperlukan.

Untuk wilayah Kecamatan Limo hanya Kelurahan Grogol yang mendapatkan jatah PTSL sebanyak 2.000 bidang tanah. Sedangkan se-Kota Depok total bidang lahan yang akan diikutsertakan dalam program ini sebanyak 30.000 bidang tanah.

“Kami berharap para pemilik tanah yang belum bersertifikat, agar segera mempersiapkan persyaratan untuk mengikuti program PTSL “ ujar Wawan.

Dia menambahkan, selain harus melengkapi persyaratan tentang riwayat tanah, para calon peserta PTSL hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp150 ribu dan tidak ada lagi selain biaya tersebut.

“Calon peserta hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 150 ribu dan kami berharap tidak ada pungutan lain selain itu “ tegas Wawan.

Sementara, Lurah Grogol Kecamatan Limo, Abdul Amin meminta kepada para Ketua lingkungan untuk menyampaikan prihal ini kepada warga, terutama bagi warga yang memiliki tanah yang statusnya belum sertifikat. Jadi, dari 13 RW yang ada di Grogol hanya 11 RW yang mendapatkan PTSL, karena dua RW tersebut perumahan.

“ Sebenarnya jumlah bidang lahan yang belum tersertifikat di wilayah Grogol lebih dari dua ribu. Tapi kami akan berupaya mendistribusikan program ini secara adil diseluruh wilayah Grogol.

Saya berharap kepada pihak pihak yang ikut membantu proses PTSL ini untuk tidak melakukan pungutan selain uang administrasi yang jumlahnya sudah ditetapkan,” tandas dia.

(RD/irw/pojokjabar)

loading...

Feeds