Viral di Media Sosial, Warga Depok Waspada IUD Bergeser

iud

iud


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kasus yang menjadi viral di media sosial (Medsos), mengenai alat KB jenis IUD yang bergeser dan membuat nyeri diperut memang kerap terjadi.

Namun biasanya posisi IUD yang bergeser diakibatkan kurang pengontrolan. Selain itu, IUD bergeser jika ada infeksi dari saluran kencing masuk ke vagina kemudian membuat IUD terinfeksi.

Dokter Kandungan Rumah Sakit Umum (RSU) Hasanah Graha Afiah (HGA), Maman Hilman menyebutkan, pergeseran IUD ini biasanya tidak fatal hingga ke arah kematian.

Hanya saja biasanya bagi pengguna IUD yang mengalami pergeseran akan merasakan nyeri.

“Biasanya kalau IUD bergeser akan masuk ke organ seperti usus ataupun yang terdekat dari rahim, itupun akan terlindungi oleh lapisan usus sehingga tidak akan melukai,” ujar Maman kepada Radar Depok, Jumat (17/03/2017).

Maman mengatakan, lepasnya IUD dari posisi seharusnya (ekspulsi) tidak sama antara satu orang dengan yang lainnya.

Ada yang bisa seumur pemasangan IUD, yaitu hingga delapan tahun tidak pernah memeriksakan akan tetapi tidak ada keluhan ataupun bergeser.

Bahkan, ada kondisi seseorang rutin memeriksakan posisi IUD-nya namun ketika di USG ternyata posisinya berubah dan ketika diperiksa justru tidak ada.

Sampai akhirnya dilakukan operasi dan ternyata IUD-nya ada didalam lapisan pelindung usus, terbungkus.

Namun, disarankan bagi ibu yang melahirkan sesar dan memasang IUD harus dengan dokter. Karena bisa dimaksimalkan dengan pemeriksaan USG sehingga lebih tepat posisinya.

“Jadi persoalan pergeseran IUD setiap tubuh itu tidak sama faktor penyebabnya dan juga tidak sama efeknya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies Karnawati menambahkan, posisi pemasangan diawal menjadi penentu.

Namun kondisi kesehatan vagina juga harus tetap diperhatikan, sehingga tidak terjadi infeksi. Kerja berat tidak mempengaruhi pergeseran letak IUD.

“Sehingga pada dasarnya memang pengguna kb IUD hanya perlu memeriksakan rutin dan juga menghindari infeksi,” tutup Lies.

(radar depok/ina)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds