Haji Dugul, Salah Satu Pejuang dari Kota Depok

MAKAM H. DUGUL: Makam pahlawan kota depok, H. Dugul.

MAKAM H. DUGUL: Makam pahlawan kota depok, H. Dugul.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Di Kota Depok muncul juga nama salah satu pejuang, yakni Haji Dugul. Mungkin saat ini sosok tersebut tidak banyak diketahui orang.

Anak Haji Dugul, yaitu Haji Domi mengatakan bahwa ayahnya merupakan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sebelum kemerdekaan, ia berjuang bersama Nasution dan pejuang lain.

“Beliau keturunan Jawa (ayah) dan Betawi (ibu). Haji Dugul dibesarkan di Krukut, jadi ia lebih terkenal di Depok,” tutur Haji Domi kepada Radar Depok.

Diketahui, Haji Dugul juga mempunyai padepokan silat dengan murid yang tersebar di berbagai pelosok. Dan ada dua anaknya yang tersisa.

“Beliau punya ilmu bela diri yang sakti. Walaupun mantan TKR, beliau tidak mau disebut sebagai pahlawan. Pribadinya sangat pemberani, apalagi ketika melawan penjajah Belanda. Dulu siapa saja orang yang mendengar namanya sudah takut duluan,” kata Domi.

Haji Dugul meninggal tahun 1977, dan dimakamkan di belakang Masjid Jami Nurul Huda Jalan Krukut Raya RT09/RW02 Krukut Limo. Di Kota Depok sosoknya lebih dikenal mirip si Pitung jawara Betawi yang mempunyai ilmu bela diri sakti.

Dirinya juga dikenal sebagai orang yang paling berani menentang penjajah Belanda. Namun, di sisi lain ia merupakan sosok yang mudah bergaul dengan siapapun.

(radar depok/*)

Loading...

loading...

Feeds