MUI Kota Depok: Bunga 10% Riba

koperasi pandawa di depok
KSP Pandawa Mandiri Group yang berada di Jalan Raya Meruyung Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. FOTO : Dicky / Radar Depok .

POJOKJABAR.com, DEPOK – Selain belum mengatongi izin Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pastikan, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Grup, masuk dalam kategori riba.

Pasalnya, koperasi yang berada di Jalan Raya Meruyung, Kelurahan Meruyung, Limo menawarkan bunga hingga 10 persen.

“Jika memberikan uang kepada orang lain terus meminta imbalan lebih dari nilai uang yang dipinjamkan itu sudah riba, bunga Koperasi Pandawa tidak wajar,” kata Ketua MUI Kota Depok KH Dimyati Badruzaman saat ditemui Radar Depok, Kamis (11/02/2016).

Dia menjelaskan, riba artinya ziyadah (tambahan) atau nama’ (berkembang). Sedangkan menurut istilah riba merupakan penambahan pada harta dalam akad tukar-menukar tanpa adanya imbalan atau pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil.


Di dalam Islam Riba dalam bentuk apa pun dan dengan alasan apa pun juga dilarang Allah SWT. Sehingga, hukum riba itu haram sebagaimana dalil rentang riba dalam firman Allah SWT dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan riba, seperti dalam Surat Al-Baqarah ayat 278.