DKUP : Koperasi Pandawa Depok Tak Berizin

koperasi pandawa di depok
KSP Pandawa Mandiri Group yang berada di Jalan Raya Meruyung Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. FOTO : Dicky / Radar Depok .

POJOKJABAR.com, DEPOK – Merasa jumawa sudah mengatongi izin dari Kementerian Koperasi dan UMKM, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group (PMG) membantarkan izin membentuk cabang di Kota Depok.

Padahal, koperasi yang berada di Jalan Raya Meruyung, Kelurahan Meruyung, Limo ini ada sejak 2015.

”Mereka beralasan, katanya sudah ada izin kementerian, kami (koperasi pandawa,red) tidak ada sangkutan ke dinas,” kata Kepala Bidang (Kabid) Koperasi DKUP Kota Depok, Teo Dasilva saat ditemui Radar Depok di ruang kerjanya, Rabu (10/02/2016).

Harusnya, dia menguraikan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dari kementerian dan dinas itu harus membuat izin lebih dulu ketika koperasi berniat membuka cabang disuatu kota/kabupaten, walaupun sudah mengantongi izin dari kementarian.


”Koperasi Pandawa mengurusnya ke kementerian saja, seharusnya di dinas dulu, kan mau buat cabang di Depok. Di dinas nanti mengambil dan mengisi formulir, kemudian kami kroscek kebenarannya,” ujar Teo.