Miris… Lajur Sepeda di Depok Jadi Tempat Parkir

LANGGAR ATURAN: Lajur sepeda dijadikan tempat parkir Jalan Raya Margonda Depok, Jumat (15/01/2016). FOTO : Ricky / Radar Depok.

LANGGAR ATURAN: Lajur sepeda dijadikan tempat parkir Jalan Raya Margonda Depok, Jumat (15/01/2016). FOTO : Ricky / Radar Depok.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Seminggu pascalaunching lajur sepeda di Jalan Raya Margonda Depok, ternyata saat ini telah beralih fungsi menjadi tempat parkir. Pantauan Radar Depok lajur sepeda yang dijadikan lahan parkir ada di sejumlah ruas Jalan Raya Margonda.

Hal tersebut tentu disesalkan komunitas sepeda. Pasalnya mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap lajur sepeda yang baru dilaunching Pemkot Depok, Jumat (8/1/2016) kemarin.

Seperti yang dituturkan Udin Bule anggota komunitas Ontel Depok. Kata Bule, lajur sepeda saat ini memang sudah menjawab permintaan dari teman-teman komunitas. Namun, begitu mencoba, jalur tersebut masih belum aman untuk pengemudi sepeda.

“Masih banyak kendaraan yang parkir, baik roda dua dan roda empat,” kata Bule kepada Radar Depok.

Kata dia, ketika menghindari kendaraan yang parkir di salah satu titik lajur sepeda, otomatis pengendara sepeda harus mengambil jalur di Jalan Raya Margonda, sehingga dapat membahayakan pengendara sepeda itu sendiri.

“Kami kan takutnya pengendara motor atau mobil dari belakang, ya ditabrak dari belakang bisa jadi kan,” kata warga RT02/05 Kelurahan Pancoranmas itu.

Dia mengharapkan agar Pemkot Depok dapat memberikan solusi terbaik, agar nantinya lajur sepeda ini benar bermanfaat untuk pesepeda itu sendiri.

“Sekarang masih belum maksimal lajur sepedanya. Harus dibenahi lagi,” ucap Bule.

Sementara, Ketua Komisi C DPRD kota Depok Mazhab HM menegaskan Dinas Perhubungan (Dishub) harus lebih mengefektifkan petugasnya menjaga lajur sepeda agar berfungsi sesuai dengan yang diinginkan pengendara sepeda.

“Dishub harus bertanggung jawab mensterilkan lajur sepeda ini. Tentunya ketika sudah sesuai fungsinya, pasti ini keinginan semua pihak, baik dari pemerintah, saya selaku anggota DPRD dan masyarakat juga,” kata Mazhab.

Selain itu, perlunya kesadara masyarakat untuk tidak memparkir kendaraannnya di lajur sepeda. Di sini, Dishub juga dituntut tegas menggembok atau menindak mereka yang parkir di lajur tersebut.

Dia menambahkan, seharusnya Pemkot Depok yang membangun infrastruktur juga harus disinergikan denga kondisi riil di lapangan.

“Seperti Lajur Sepeda ini ketika dibuat, pemerintah harus mencari solusi bagi pengendara untuk parkir. Ini harus ada. Diintegrasikan infrastruktur lajur sepeda. Saya minta Dishub dapat mencari solusi agar Lajur Sepeda ini tidak mubazir,” ucap Mazhab.

(cky/radardepok)

Loading...

loading...

Feeds