Astaga… Warga Depok Mulai Diserang DBD

Ilustrasi Penyakit DBD dan Zika.

Ilustrasi Penyakit DBD dan Zika.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kelurahan Sawangan Baru, diserang Penyakit demam berdarah dengue (DBD). Total ada 17 warga yang terkena Penyakit yang ditularkan dari nyamuk Aedes Aegypti atau biasa di sebut si belang ini.

Salah satu warga yang terkena adalah Panji (16), warga RW. 03, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan. Panji yang merupakan anak dari Sulistyono mengatakan, awalnya anaknya tersebut mengalami sakit panas.

Setelah diperiksa oleh dokter, Panji didiagnosa terkena penyakit DPD. Itu terjadi pada tanggal 30 Desember 2015. Dengan segera, Sulistyono membawa Panji ke salah satu rumah sakit di Kota Depok, untuk mendapatkan penanganan dengan cepat.

“Ada juga empat warga di RW. 03 yang terkena DBD. Sepertinya ini akibat dari peralihan musim panas ke musim hujan, karena banyaknya genangan air,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sulistyono menduga, wabah perkembangbiakan si belang berasal dari lahan kosong bekas lapangan di dekat rumahnya. Menurutnya, tempat tersebut tidak terawat dan tidak terkontrol, karena banyak ditubuhi tanaman, dan genangan air.

“Selain itu, sudah lama tidak ada kader juru pemantau jentik (jumantik) yang melakukan pengecekan terkait pencegahan wabah DBD,” tuturnya.

Ditempat yang berbeda, salah seorang warga RW.05, Kelurahan Sawangan Baru, Sopian juga terserang penyakit DBD. Sopian menuturkan, saat merasakan kondisi kesehatannya mulai menurun dan ditemukan beberapa tanda tentang penyakit DBD, dia dengan diantar orangtua dan tetangga sekitar mendatangi ke RSUD Kota Depok, namun di rujuk ke Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta.

“Kami juga sempat menyayangkan pelayanan di RSUD Depok yang kurang memuaskan, saya dikira terkena penyakit kulit, namun tetangga kami meminta untuk dilakukan cek darah dan pemeriksaan tanda-tanda DBD, karena keterbatasan ruangan saya di rujuk ke RS Fatmawati,” terang Sopian.

Sementara itu, salah satu kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Sawangan Baru, Rahma Hidayati menjelaskan, kader jumantik telah melakukan pendataan kepada warga Kelurahan Sawangan Baru. Dari data yang telah dimilikinya, di di Kelurahan Sawangan Baru ada 17 orang yang terserang DBD.

“Dari 17 warga ada yang masih dilakukan perawatan dan ada juga yang telah sembuh, kami juga telah memberikan laporan baik lisan maupun tulisan kepada Puskesmas Sawangan, surat telah kami berikan pada 5 Januari,” ujar Rahma kepada Radar Depok.

(dic/radardepok)

Loading...

loading...

Feeds