Waspada! Puluhan Warga Baktijaya Depok Mulai Terserang DBD

Ilustrasi DBD

Ilustrasi DBD


POJOKJABAR.com, DEPOK – Puluhan warga di Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, merasakan ganasnya sengatan nyamuk aedes aegypti. Dari data yang didapat Radar Depok, sedikitnya ada 10 warga menderita demam berdarah dengue (DBD), akibat sengatan “si belang”. Mereka ada yang harus dilarikan ke rumah sakit, ada pula yang rawat jalan.

Salah satu anak yang harus mendapat perawatan adalah Akbar. Putra dari Soni Sumarsono, warga RT05/21 ini mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Hermina. Sejak dua hari lalu, Akbar mengalami panas cukup tinggi.

“Sudah dicek darahnya. Kata dokter benar kena DBD,” kata Soni, Kamis (07/01/2016).

Menurut Soni, selain menyerang lingkungan RT05/21, nyamuk aedes aegypti juga merebak di lingkungan RT05 dan 06 RW26. Bersama anaknya, kata Soni, seorang warga RT05/21 dan RW26 masih dalam perawatan di RS Hermina.

“Ini tadi Pak RW sudah jenguk warganya yang juga dirawat. Informasi yang saya dapat, ada sekitar 10 warga yang terkena DBD,” katanya.

Sebelum korban bertambah, Soni meminta kepada pemerintah terutama pihak kelurahan bersama dinas kesehatan untuk melakukan penanganan. Salah satunya dengan melakukan pengasapan atau fogging.

“Sebelum dirawat, anak saya mengalami demam. Panasnya turun naik. Gejala DBD biasanya kalau tiga hari demamnya nggak turun harus dicek darah. Sekarang alhamdulillah (panasnya) sudah mulai turun,” kata Soni.

Sementara itu, Ketua RW26 Padang Pujiantoro menyatakan, merebaknya nyamuk aedes aegypti terjadi sejak satu bulan lalu, atau pas pergantian musim dari panas ke hujan.

“Kami sudah melakukan fogging, bahkan dua kali secara swadaya,” kata Padang, saat menjenguk warganya yang tengah dirawat di RS Hermina.

Lingkungan RW26 termasuk cukup padat penduduk. Ini tentunya mempengaruhi masalah kebersihan. “Berkembang biaknya nyamuk dari kubangan air bekas hujan. Atau lingkungan kotor banyak sampah. Ini yang terkadang dilupakan warga untuk membersihkannya,” kata Padang.

(ram/radarbogor)

Loading...

loading...

Feeds