Akhirnya, Besok Kota Depok Launching Jalur Sepeda

Ilustrasi Jalur Sepeda

Ilustrasi Jalur Sepeda


POJOKJABAR.com, DEPOK – Pemerintah Kota Depok (Pemkot) kembali mencoba memanjakan warganya. Kali ini Kota yang dipimpin Nur Mahmudi Ismail tengah mempersiapkan jalur khusus pengendara sepeda di Jalan Raya Margonda yang akan dilaunching Jumat (08/01/2016).

Jalur yang ditandai dengan garis putus-putus warna kuning, yang di dalamnya terdapat lambang sepeda tersebut berada di sisi kiri Jalan Margonda, baik arah Jakarta maupun sebaliknya.

Untuk merealisasikan program tersebut, Pemkot Depok mengalokasikan anggaran Rp172 juta, yang pembangunan jalur sepeda ini akan dilakukan dalam tiga tahap.

“Insya Allah akan dilaunching Jumat (08/01/2016). Panjangnya tiap jalur lima kilometer, totalnya jadi 10 km,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana kepada Radar Depok, Rabu (06/01/2016).

Dia menjelaskan, nantinya setelah dilauching, jalur tersebut akan steril dari segala jenis kendaraan, kecuali sepeda. Mantan Kasatpol PP itu menegaskan, ketika sudah berjalan, Dishub akan bekerja semaksimal mungkin untuk menjaga agar jalur sepeda tidak dipergunakan menjadi lahan parkir.

“Kami akan tindak para pelanggar, tentuny dengann menggandeng jajaran kepolisian,” tutur Gandara.

Setelah dilaunching, lanjut Gandara, pihaknya bersama dinas terkait akan menyosialisasikan kepada masyarakat, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik, khususnya pengendara sepeda.

“Nantinya dilihat bagaimana respon masyarakat, seberapa efektif jalur sepeda itu dan terus dipromosikan agar masyarakat semakin tahu,” terangnya.

Dia berharap, adanya jalur sepeda itu bukan mempersempit Jalan Raya Margonda, tetapi para pengendara dapat saling menghargai dan warga semakin sadar akan kesehatan serta mengurangi polusi udara.

“Denga adanya jalur ini, pengendara sepeda akan lebih leluasa dan lebih aman ketika berkendara. Diharapkan tingkat kedisiplinan masyarakat juga meningkat dan memahami program positif ini,” ucap Gandara.

Kabid Jalan Lingkungan Bimasda Kota Depok Hardiman menjelaskan, jalur sepeda dibangun dengan memberi batasan antara jalur kendaraan bermotor dengan sepeda. Sebagai marka, maka jalur sepeda dibatasi dengan cat kuning putus-putus.

Jalur sepeda memiliki lebar 1,5 meter di tiap ruas. Tahap I jalur ini yaitu sepanjang Jalan Siliwangi-Ramanda dan sudah diselesaikan. Tahap II sepanjang Balai Kota Depok-Juanda yang juga sudah selesai. Tahap III sepanjang Juanda-Ujung Margonda.

“Segmen III baru selesai di sisi barat. Sedangkan sisi timur sedang dalam proses karena cuaca sedang tidak mendukung,” jelas Hardiman.

Menurut Hardiman, jalur ini nantinya hanya bisa dilalui oleh sepeda saja. Sedangkan kendaraan bermotor tidak bisa melaluinya. Pembuatan jalur ini berdasarkan aturan bahwa setiap daerah harus memiliki kriteria Right of Way (RoW) atau ruang milik jalan selebar 32 meter, termasuk trotoar dan drainase.

Ruas Jalan Margonda sebagai jalan protokol maka harus dilengkapi dengan fasilitas jalan. “Di antaranya adalah jalan untuk kaum difabel dan lajur sepeda,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya juga sedang mengerjakan proyek di Jalan Margonda sehingga pembuatan jalur sepeda pun sekalian dilakukan pihaknya.

“Anggaran di Dishub belum ada jadi dialihkan ke sini (Bimasda). Dinas kami juga masih berkaitan karena pembangunan jalan,” paparnya.

(cky/radardepok)

Loading...

loading...

Feeds